Riyani, Muhamad Nasir (2023) KONSEP TASAWUF AL GHOZALI DAN IBNU ATHOILLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MANUSIA. (Kajian Pustaka Kitab Ihya’ Ulumuddin dan Al Hikam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
Cover dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V Skripsi.pdf Download (739kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (842kB) |
Abstract
Merosotnya SDM siswa yang berkarakter dan berakhlakul karimah di akhir-akhir ini merupakan salah satu lemahnya perkembangan pendidikan siswa dalam bidang pendidikan karakter. Pendidikan Karakter dan akhlaq yang merupakan salah satu sebab untuk mencetak generasi yang berkualitas memiliki karakter dan akhalaq serta kemampuan sosial yang baik akhir-akhir ini sering dikesampingkan dalam dunia pendidikan. Hal ini mungkin disebabkan karena sulitnya implementasi pendidikan karakter kepada siswa sebab tidak adanya acuan sebuah konsep yang bisa menjamin tercetaknya siswa yang berkarakterdan berakhlakul karimah. Kemajuan dunia pendidikan islam pada zaman dinasti abasiyah tepatnya dalam kepemimpinan khalifah al-makmun harusnya bisa menjadi teladan dan contoh bagi para pendidik di era modern ini agar pendidikan sekarang ini tidak hanya mengedepankan aspek kognitif dan afektif saja, tetapi juga mengedepankan aspek pendidikan moral yang bisa mencetak generasi manusia yang berkarakter dan berbudi luhur. Dari sini kita tahu bahwa pendalaman dan pengkajian model, serta konsep–konsep yang dipakai oleh para ulama salaf dalam melakukan pendidikan karakter. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan focus kajian sebagai berikut: (1) Bagaimanakah konsep tasawuf al-Ghozali dalam pendidikan karakter. (2) Bagaimanakah konsep tasawuf Ibnu Athoillah dalam pendidikan karakter. (3) Apa peran tasawuf dalam pendidikan karakter manusia. Penelitian disini merupakan penelitian model Library Research (kajian pustaka) yang mana kajiannya diambilkan dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya al�Ghozali dan kitab Al-Hikam karya ibnu athoillah as-Sakandari. Kajian ini dituangkan dalam tulisan ini dengan metode deskriptif analisatif berdasarkan dua sumber data yaitu, data primier dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini, yaitu : (1) Mengetahui konsep tasawuf yang digunakan oleh al-Ghozali dalam melakukan pendidikan karakter manusia, konsep tersebut berpacu pada 6 dasar yang berupa : a). Pencarian Kehadiran Allah b). Penyucian Jiwa c). Penekanan pada Etika dan Moralitas d). Kontrol diri dan penaklukan nafsu e). Kecerdasan Emosional f). Mengubah Kesia-siaan Hidup. (2) Mengetahui konsep tasawuf yang digunakan oleh ibnu athoillah dalam melakukan pendidikan karakter manusia, konsep tersebut berpacu pada 5 dasar yang berupa : a). Tazkiyatun Nafs b). Tawakkal dan Ridha c). Mengenal diri sendiri d).Megenali tuhan dalam setiap aspek hidup e). Meningkatkan Hubungan dengan Al-Qur’an. (3) Mengetahui peran tasawuf dalam pendidikan karakter, yaitu : membimbing para pencari ilmu dalam untuk menemukan Tuhan-Nya dan menyadari keberadaan-Nya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S. Pd Muhamad Nasir Riyani |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:16 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:16 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |