Strategi komik di era digital sebagai media dakwah: studi pada komik "Si Bedil" di Instagram

Marliana, Sekar Arum (2023) Strategi komik di era digital sebagai media dakwah: studi pada komik "Si Bedil" di Instagram. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover .pdf

Download (587kB)
[img] Text
Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (818kB)

Abstract

MARLIANA, SEKAR ARUM. 2023: Strategi Komik di Era Digital sebagai Media Dakwah: Studi pada Komik “Si Bedil” di Instagram, Tahun 2023, Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Ibu Amalia Rosyadi Putri, S. Kom.I, M. Med. Kom. Kata Kunci: strategi dakwah, pesan dakwah Era globalisasi merupakan era keterbukaan informasi yang dimana internet yang berisi sangat banyak informasi serta beragam fitur yang bisa digunakan secara mudah dan murah oleh masyarakat. Salah satunya instagram yang pada saat ini banyak digunakan sarana berdakwah untuk menyebarkan agama islam. Penelitian ini mengangkat tema tentang strategi dakwah di era digital yang ada pada komik online @si_bedil yang di unggah di instagram. Konsep instagram di ambil karena banyaknya pengguna instagram yang sering menggunakannya untuk kepentingan lain, namun akun si bedil berusaha untuk memberikan poin-poin islami dengan komik unggahannya di instagram sehingga dapat memberikan kesan positif di beberapa lapisan masyarakat. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi dakwah di era digital memalui komik pada akun si bedil? (2) Bagaimana pesan dakwah akun @si_bedil terhadap pengikut akun @si_bedil?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peritiwa, aktivitas, sikap, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian yaitu: (1) Strategi-strategi yang digunakan oleh akun @si_bedil dalam berdakwah melalui media sosial, khususnya Instagram, terbukti berhasil dalam menarik perhatian pengikut dan menyampaikan pesan dakwah dengan cara yang menarik, kreatif, dan aktual. Penggunaan live streaming, mengunggah story, pemilihan judul yang menarik, memanfaatkan tema yang sedang viral, kolaborasi dengan akun lain, dan mengunggah konten berupa video/foto pada beranda akun adalah beberapa strategi yang efektif. (2) Live streaming menjadi terobosan yang efektif dalam berdakwah karena memungkinkan ulama dan pengajian dapat diakses oleh siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Selain itu, live streaming juga dapat menarik minat jiwa-jiwa muda yang sebelumnya tidak terlibat dalam pengajian secara langsung. (3) Mengunggah cerita atau story pada Instagram merupakan strategi yang efektif untuk menyampaikan informasi terbaru kepada pengikut dengan cepat. Fitur story memiliki keunggulan karena tampil di bagian atas halaman Instagram dan berlaku selama 24 jam, sehingga menarik minat dan penasaran pengikut untuk melihat dan membaca cerita yang diunggah.(4) Pemilihan judul yang menarik dalam konten dakwah, penggunaan tema yang sedang viral, dan kolaborasi dengan akun lain dapat meningkatkan minat dan perhatian pengikut. Dalam konten dakwah, penting untuk menjaga pesan-pesan tetap relevan dengan kondisi yang sedang terjadi. (5) Dalam pesan-pesan dakwah yang disampaikan oleh akun @si_bedil, terdapat empat aspek utama yaitu Aqidah, Syariah, Akhlak, dan Muamalah. Setiap aspek memiliki pesan-pesan yang disampaikan melalui postingan Si Bedil dengan makna denotasi dan konotasi yang tergambar dalam komiknya. (6) Secara keseluruhan, penggunaan strategi berdakwah melalui media sosial dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam Instagram, serta fokus pada pesan-pesan dakwah yang mencakup berbagai aspek kehidupan, membuktikan keberhasilan akun @si_bedil dalam menyampaikan pesan dakwah yang menarik dan relevan kepada pengikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Desy Rita Ramadhani
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:01
Last Modified: 21 Aug 2024 03:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item