Strategi Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VII di Mts Darussyafa'at Sumatera Selatan Perspektif Piaget

Mas'ud Sidik, Muhammad (2022) Strategi Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VII di Mts Darussyafa'at Sumatera Selatan Perspektif Piaget. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Lirboyo Kediri.

[img] Text
1. Cover Dkk.pdf

Download (592kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Mas’ud Sidik, 2020, Strategi Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VII di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan Persektif Piaget, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti Kota Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Imron, S.Ag, M.Fil.I, Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc, M.HI. Kata kunci: strategi pembelajaran, mata pelajaran fiqih Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dijadikan acuan dalam kelangsungan belajar, sebagai landasan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran fiqih sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam Agama Islam. Dalam ilmu fiqih siswa diberi pengetahuan tentang syariat islam yang baik dan benar. Untuk membantu siswa agar memahami mata pelajaran fiqih dengan proses siswa meneliti dan mencari sendiri jawabannya supaya pembelajaran tersebut dapat diterima dan membekas pada siswa perlu dikembangkannya strategi atau metode yang tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran dalam mata pelajaran fiqih pada kelas VII di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan. Adapun penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih penting dari pada hasil, analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan makna merupakan hal yang esensial. Rumusan masalah dalam penulisan ini sebagai berikut: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran fiqih di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan (2) implementasi strategi pembelajaran dalam mata pelajaran fiqih pada kelas VII di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan (3) evaluasi strategi pembelajaran dalam mata pelajaran fiqih pada kelas VII di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelarajan inkuiri di MTs Darussyafa’at Sumatera Selatan telah di laksanakan: (1) perencanan pelaksanaan pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi: analisis kalender pendidikan, analisis hari efektif, prota promes, silabus, RPP, LKS dan pedoman penilaian (2) pelaksaan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yang dilandasi atas lima tahap, yakni: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan bukti, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan (3) Evaluasi strategi pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri ini menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:01
Last Modified: 05 Aug 2024 05:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item