IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI

azmi, naffa ulul (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (501kB)
[img] Text
tesis naffa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AZMI, NAFFA ULUL. 2023: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X SMK PGRI 2 Kediri,Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIT Lirboyo, Dosen Pembimbing Dr. H. Abbas Shofwan M. F, SHI, LLM, Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam memiliki peran sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari–hari. Pengembangan Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pembaharuan kurikulum. Dengan adanya Kurikulum Merdeka dapat mewujudkan kemerdekaan dalam berpikir. Program merdeka belajar ini terbentuk atas adanya keinginan atau tujuan yang mengkontruksi proses pembelajaran dengan suasana yang baru, suasana yang membahagiakan pembelajar dengan tidak lagi menjadikan skor penilaian sebagai tolak ukur keberhasilan. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, pendidikan kejuruan juga harus mampu beradaptasi dengan kebijakan ini, seperti halnya di SMK PGRI 2 Kediri dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan visi misi sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X SMK PGRI 2 Kediri?; (2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X SMK PGRI 2 Kediri?; (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X SMK PGRI 2 Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model alur yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian berupa: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran adalah modul ajar yang mencangkup penguatan profil pelajar pancasila. (2) Implementasi pembelajaran PAI dalam kurikulum Merdeka, dalam pelaksanaannya satu kelas 3 jam pembelajaran dan per jam nya 40 menit, sedangkan pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan pada hari Jum’at. (3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka, Pertama: Asesmen Diagnostik, Kedua: Asesmen Formatif, Ketiga: Asesmen Sumatif.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:04
Last Modified: 28 Aug 2024 02:04
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item