fahmi, wildan (2023) STRATEGI GURU AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE HALAQAH DI MADRASAH AL-LAILIYYAH PPHM LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover.pdf Download (132kB) |
|
Text
pengesahan wildan.pdf Download (148kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru Al-qur’an, Metode Halaqah, Madrasah Al-lailiyyah PPHM Lirboyo Kediri. Al-qur’an merupakan pedoman bagi setiap orang di muka bumi. Dengan mempelajari dan mengaji al-qur’an, setiap insan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik berdasarkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT semata. Bukan hanya sebagai pedoman hidup saja, al-qur’an juga merupakan sumber informasi dan banyak sekali ilmu yang terkandung didalamnya, oleh karena itu sangat penting sekali mempelajari dan mengaji Al-qur’an. Mengaji Al-qur’an merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan untuk semua insan, terutama bagi santri yang notabenenya sering mengaji dan berhadapan dengan kitab-kitab kuning. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran perlu adanya strategi untuk tercapainya sebuah tujuan. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Al-qur’an dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-qur’an melalui metode Halaqah di Madrasah Al-lailiyyah PPHM Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana hasil dari proses pengajian Al-qur’an menggunakan metode Halaqah di Madrasah Al-lailiyyah PPHM Lirboyo Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, yaitu: (1) Strategi guru Al-qur’an dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-qur’an melalui metode Halaqah di Madrasah Al-lailiyyah PPHM Lirboyo Kediri, meliputi pengajian Al-qur’an menggunakan metode Halaqah dengan berhadapan antara guru dan murid sehingga ada interaksi yang dekat (2) Hasil dari proses pengajian Al-qur’an dengan menggunakan metode halaqah di Madrasah Al-lailiyyah PPHM Lirboyo Kediri, keberhasilan metode halaqah bervariatif dan cukup meningkat berdasarkan kemampuan siswa masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Alwi Hasan |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:42 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1764 |
Actions (login required)
View Item |