ETIKA GURU DAN MURID PRESPEKTIF KH HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN TANTANGANNYA DI ERA DISRUPSI PENDIDIKAN

Luthfi, Adnan (2023) ETIKA GURU DAN MURID PRESPEKTIF KH HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN TANTANGANNYA DI ERA DISRUPSI PENDIDIKAN. Masters (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
Skripsi up cover.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Skripsi up isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
Skripsi up penutup.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK ADNAN LUTHFI, 2023 : Etika Guru Dan Murid Prespektif Kh Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dan Tantangannya Di Era Disrupsi Pendidikan.Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah. UIT Kediri. Dosen Pembimbing. Syafik Ubaidila, M.Pd. I Kata Kunci : Etika Guru dan Murid, KH. Hasyim Asy’ari, Disrupsi Pendidikan Salah satu fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi manusia agar menjadi lebih baik. islam telah menyimpulkan bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa pendidikan islam. Mencapai suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Adapun tujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Etika Guru Dan Murid Prespektif Kh Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dan Tantangannya Di Era Disrupsi Pendidikan. Dari uraian di atas peneliti memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep etika guru dan murid perspektif KH Hasyim Asy’ari dalam kitab ‘Adabul ‘Alim wal Muta’alim ? 2) Bagaimana Metodologi Konsep Etika Guru Dan Murid Prespektif KH. Hasyim Asy’ari? 3) Bagaimana tantangan konsep etika guru dan murid prespektif KH Hasyim Asy’ari dalam kitab ‘Adabul ‘Alim wal Muta’alim di era disrupsi pendidikan? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research), karena pengumpulan datanya berdasarkan pada teks-teks pustaka). Sifat penelitian berupa deskriptif kualitatif dimana metode yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek seusai apa adanya, data yang diperoleh kemudian di analasis dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) guru haruslah bersikap muraqabah kepada Allah, sakinah, sebagai penasehat dan pembimbing dalam melaksanakan syariat Islam, sedangkan murid hendaknya Membersihkan hati dan memperbaiki niat dalam mencari ilmu, dengan tujuan untuk mencari ridha Allah ta'ala. 2) Metodologi konsep etika guru dan murid prepektif KH. Hasyim Asy’ari di bagi menjadi tiga yaitu Pertama etika guru dan murid terhadap dirinya sendiri, kedua etika guru dan murid terhadap orang lain. Kemudian yang Ketiga Etika guru dan murid terhadap perlajaran 3) Tantangan konsep etika guru dan murid adalah bagimana seorang guru yang dahulu hanya mengontrol murid di kelas sekarang harus mengontrol etika murid di media sosial, seorang guru juga harus bisa menyiapkan materi yang semenarik mungkin lewat media bukan hanya berpanduan dengan buku tulis saja, seorang guru juga harus mengetahui dan menberi tahu tentang hal hal yang ada di dunia maya apakah hal tersebut dapat di percaya atau dapat di jadikan rujukan karena di media banyak sekali penyimpangan penyimpangan,. Dan bagi murid hendaknya membatasi diri untuk bermedia sosial, selalu menanyakan kepada guru jika mendapat informasi atau berita baik berisi pelajaran dan lain-lain kepada gurunya. Hendak nya tetap menjaga etika jika bersinggungan dengan guru di media maya seperti mengomentari guru mengechat guru dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: asrofi nabawi
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:08
Last Modified: 15 Aug 2024 04:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item