alfiana, isma (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Pondok Pesanteren Al-Ma’ruf Bandar Lor. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
BAB I.pdf Download (538kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (701kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (516kB) |
Abstract
ISMA, ALFIANA, 2023: Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd dan Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Motivasi dan gaya belajar merupakan dua hal penting yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar yang maksimal. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar, baik yang berasal dari dalam diri individu maupun motivasi yang berasal dari luar. Begitu juga permasalahan terkait gaya belajar, mayoritas santri belum menemukan gaya belajar yang sesuai dengan kemampuannya sehingga berpengaruh pada tingkat pemahaman dalam menyerap materi pembelajaran. Atas dasar latar belakang tersebut peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di Pesantren Al-Ma’ruf Bandar Lor? (2) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar di Pesantren Al-Ma’ruf Bandar Lor? (3) Adakah pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar di Pesantren Al-Ma’ruf Bandar Lor? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu santri di pondok pesantren Al-Ma’ruf Bandar Lor. Sampel penelitiane ini berjumlah 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah sederhana (product moment test) dan teknik uji korelasi berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tidak ada korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar karena nilai signifikansi (r hitung) sebesar 191 < dari r tabel 0.361. Tingkat korelasi hubungan antar dua variabel tersebut berada pada rentang 0,00-0,199 artinya korelasi tersebut tergolong pada kategori sangat rendah. Maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. (2) Ada korelasi antara gaya belajar dan hasil belajar karena nilai signifikansi (r hitung) sebesar 021 dari r tabel 0.361. Tingkat korelasi hubungan antar dua variabel tersebut berada pada rentang 0.00-199 yang berarti sangat rendah. Maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar karena nilai sig. Fchange 0,573 > 0,05, maka keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besarnya hubungan antara motivasi belajar (X1) dan gaya belajar (X2) (secara simultan) terhadap hasil belajar yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,201 yang berada pada rentang derajat koefisien korelasi 0,20-0,399. Hal ini menunjukkan pengaruh yang rendah. Adapun kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar adalah 40% sedangkan 60% ditentukan oleh variabel yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:01 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1650 |
Actions (login required)
View Item |