Efektifitas pembelajaran berbasis daring mendorong munculnya kemandirian belajar disdn 2 ketanon kedungwaru tulungagung

Khamdani faisal muhammad, Muh faisal khamdani (2022) Efektifitas pembelajaran berbasis daring mendorong munculnya kemandirian belajar disdn 2 ketanon kedungwaru tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Faisal Khamdani, 2022: Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring Mendorong Munculnya Kemandirian Belajar Dan Motivasi Untuk Lebih Aktif Dalam Belajar Di Sdn 2 Ketanon Kedungwaru Tulungagung, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT, Kediri. Dosen Pembimbing Kata Kunci : : Efektifitas, Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar Pandemi covid 19 ini telah mengganggu proses pembelajaran secara keseluruhan mulai dari jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruam Tinggi. Maka diperlukan suatu penelitian untuk menggambarkan efektifitas pembelajaran berbasis daring terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami materi pendidikan agama islam (PAI). pembelajaran daring memiliki fleksibilitias dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar untuk lebih aktif dalam belajar. Salah satu diantara Lembaga Pendidikan yang mengadakan kegiatan pembelajaran daring yaitu SDN 2 Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Dari uraian diatas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring disdn 2 ketanon?. 2) Bagaimana efektifitas pembelajaran daring dalam menyampaikan materi dan tugas yang disampaikan oleh guru kepada murid disdn 2 ketanon?. 3) Bagaimana upaya sdn 2 ketanon dalam mendorong munculnya kemandirian belajar dalam pembelajaran berbasis daring? Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dari lapangan dengan mengadakan penyelidikan secara langsung di lapangan untuk mencari berbagai masalah yang terdapat relevansinya dengan penelitian ini. Hasil penelitian, 1) Pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 2 Ketanon ialah dengan menggunakan daring dimulai dari bulan maret. Persiapan pembelajaran daring diawali dengan merubah RPP menyesuaikan dengan bembelajaran daring. Dalam prosesnya pembelajaran daring dilakukan dengan media zoom meeting, google form, toutube, dll. 2) Pembelajaran daring kurang efektif diterapkan hal itu terlihat dari ketidak mampuan pendidik mengetahui capaian peserta didik melalui nilai yang terdapat kemungkinan itu bukan hasil kerja peserta didik tersebut melainkan hasil kerja orang tuanya. 3) Mengembangkan kemandirian belajara peserta didik didorong dengan cara tanya jawab mengenai pemahaman materi yang disampaikan dengan sudut pandang peserta didik itu sendiri. Selain dengan tanya jawab mengembangkan kemandirian belajar peserta didik juga melalui penugasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 652 Proses komunikasi tertulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd Khamdani faisal Muhammad
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:05
Last Modified: 05 Aug 2024 04:05
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item