Dwiyanti, Lulu (2023) UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTS RAUDLATUT THALABAH KOLAK NGADILUWIH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
cover skripsi lulu.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Mts Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri. Alasan penulis melakukan penelitian disini yaitu karena masih kurangnya pengawasan (controling) dari kepala madrasah terhadap kinerja guru, kepala madrasah sudah melakukan supervisi namun tidak berjalan dengan lancar, ada beberapa guru yang kurang optimal dalam pembelajaran di kelas, masih ada beberapa guru yang belum menguasai IT, masih ada beberapa guru yang belum memenuhi standar kompetensinya sebagai guru, dan kurangnya sarana dan prasarana di madrasah. Penelitian ini dapat diketahui fokus penelitiannya yaitu: (1) Bagaimana upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam upayanya meningkatkan profesionalisme guru MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Ada pun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitiannya, yaitu Kepala Madrasah melakukan program-program yang mendukung terwujudnya profesionalisme guru seperti melakukan supervise setiap 2 bulan sekali, memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh guru, Kelompok Kerja Guru (KKG), seminar, workshop, mengadakan pelatihan (Diklat), dan membantu guru dalam menyiapkan RPP ketika akan mengajar. Namun, ada beberapa sarana dan prasarana yang belum terpenuhi secara keseluruhan dan ada beberapa tenaga pendidik yang ada pada sekolah jauh lebih berumur ketimbang dengan kepala madrasahnya menjadi penghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru di Mts Raudlatut Thalabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | lulu dwiyanti |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:22 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:22 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |