IMPLEMENTASIMODELPEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA ALMANAR PRAMBON NGANJUK

Maesaroh, Latifatul (2021) IMPLEMENTASIMODELPEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA ALMANAR PRAMBON NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
SKRIPSI LATIFATUL MAESAROH-PAI ALL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI LATIFATUL MAESAROH-PAI LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

MAESAROH, LATIFATUL, 2021: Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di MA Al-Manar Prambon Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dra, Hj. Sunfatayati, M.M. Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Daring. Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19, Kemdikbud mengambil kebijakan untuk menutup sekolah selama masa pandemi Covid-19. Semua sekolah yang awalnya melakukan pembelajaran secara konvensional dengan tatap muka, kini pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh atau system daring (online). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di MA Al Manar Prambon. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimana cara mengimplementasikan model pembelajaran daring?, faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pembelajaran secara daring?. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran menggunakan berbagai platform seperti google classroom, google meet, whatsapp dan google form. Dalam pembelajaran daring ini, materi dan tugas yang diberikan cukup beragam. Pembelajaran jarak jauh/daring juga memunculkan adanya menjaga jarak fisik (physical distancing). Kegiatan sekolah yang biasanya dilakukan tatap muka kini harus dilakukan secara daring, dengan tetap memperhatikan materi yang guru berikan kepada siswa, agar dapat tersampaikan dengan mudah dipahami. Hasil Penelitian, yaitu: Pembelajaran di MA Al Manar Prambon dilakukan dengan model daring dan luring. Aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring yaitu google classroom, google meet, google form dan whatsapp. Tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran daring ini antara lain kurangnya interaksi antara guru dan siswa, jaringan yang timbul tenggelam, kuota yang cepat habis dan mahal, dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan baik guru dan siswa, serta motivasi dari orang tua juga dapat mendukung terlaksananya proses pembelajaran jarak jauh ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Anita Choirun nisa'
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:54
Last Modified: 15 Aug 2024 03:54
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item