Kontribusi kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pondok pesantren AL-IHSAN sanggau kalimantan barat

akbar, muhammad (2023) Kontribusi kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pondok pesantren AL-IHSAN sanggau kalimantan barat. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (202kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (378kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Akbar, Muhammad. 2022, Kontribusi Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Al Ihsan Sanggau Kalimantan Barat, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tribakti Kediri. Pembimbing Wasito M.Pd.I Kata Kunci: Rekonstruksi, Tauhid, Menuju, Pluralisme, Pendidikan Islam. Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani, dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional. Guru yang mempunyai kompetensi mengajar yang baik dalam proses pembelajaran tidaklah mudah ditemukan, disamping itu kompetensi mengajar guru bukanlah persoalan yang berdiri sendiri tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan training keguruan yang pernah diikuti. Dengan demikian guru yang mempunyai kompetensi mengajar akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Fokus masalah dalam penelitian ini bagaimana dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Al Ihsan Sanggau Kalimantan Barat?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi guru, mendeskripsikan kendala kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa dan untuk mendeskripsikan dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Al Ihsan Sanggau Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , lokasi penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Ihsan Sanggau Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan data hasil wawancara dan pengamatan penulis, serta data sekunder ini diambil untuk mengetahui nilai para siswa dengan melihat catatan nilai harian para siswa dari guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi data (conclition drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dalam mengelola kelas lebih cendurng kepada kompetensi pedagogik yang merupakan kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik di dalam kelas. Kendala dalam mengelola kelas yang dihadapi guru dalam mengelola kelas dalam kondisi belajar adalah peserta didik yang kurang disiplin, kurangnya komunikasi antara guru dan peserta didik ketika dalam proses belajar, keluar masuk kelas, fasilitas tempat duduk dan tidur, berbicara atau bergurau dengan dengan temannya. Kompetensi guru berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pondok pesantren Al Ihsan Sanggau Kalimantan Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd Muhammad Akbar
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:43
Last Modified: 04 Dec 2023 02:43
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item