KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KITAB KIFAYATUL ATQIYA’ WA MINHAJUL ASFIYA KARYA SAYID ABU BAKR

Imam, Nawawi (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KITAB KIFAYATUL ATQIYA’ WA MINHAJUL ASFIYA KARYA SAYID ABU BAKR. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover.pdf

Download (237kB)
[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Riwayat Hidup dll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh posisi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di era milenial ini merupakan pendidikan terpenting dan harus diajarkan serta ditanamkan kepada anak sejak dini, dan juga merupakan unsur esensi dalam kepribadian manusia yang dapat memberikan peranan positif dalam perjalanan kehidupan manusia, dari sinilah karakter sesorang akan bisa dimunculkan, disisi lain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti juga bisa berperan sebagai pengendali dan pengontrol tingkah laku yang terlahir dari sebuah keinginan yang berdasarkan emosi. Jika Pendidikan agama dan Budi Pekerti sudah terbiasa dijadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan sudah ditanamkannya sejak dini, maka tingkah lakunya akan lebih terkendali dan terkontrol Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, (1). Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Kifayatul Atqiya Wa Minhajul Asfiya? (2). Bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter dalam Kitab Kifayatul Atqiya Wa Minhajul Asfiya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam kitab Kifayatul Atqiya’ Wa Minhajul Asfiya. (2). Mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab Kifayatul Atqiya Wa Minhajul Asfiya dengan pendidikan karakter sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research).Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Kifayat al-Atqiya Abu Bakr al-Makki. Teknik pengumpulan data dengan cara menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dan relevan dengan objek pembahasan yang dikaji. Adapun pendekatan yang digunakan adalah hermeneutik. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis konsep heremeneutika Paul Ricoeur yaitu dengan cara mengidentifikasi bait-bait nazhm Kifayat al-Atqiya dengan nilai pendidikan karakter, untuk kemudian menafsirkannya dan pemahaman terhadap teks (textual exegesi). Hasil penelitian ini ditemukan bahwasanya di dalam kitab Kifayatul Atqiya terdapat nilai pendidikan karakter diantaranya adalah: 1). Taubat, 2). Qana’ah, 3). Zuhud, 4). Tawakal, 5). Ikhlas, 6). Uzlah, 7). Menjaga waktu, 8). Menjaga lisan. Adapun rrelevansi antara nilai pendidikan karakter dalam kitab Kifayatul Atqiya’ dengan pendidikan karakter kurikulum 2013 terutama pada lima nilai karakter utama bangsa yang bersumber dari Pancasila, diantaranya yaitu: 1). Religious (taubat, qanaah, zuhud, tawakal, ikhlas, uzlah, menjaga waktu, menjaga lisan), 2). Nasionalis (uzlah, menjaga lisan), 3). Mandiri (tawakal), 4). Gotong royong (zuhud), 5). Integritas (menjaga waktu, menjaga lisan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Imam Nawawi
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:03
Last Modified: 07 Nov 2023 05:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item