Analisis instrumen penilaian dalam pembelajaran luring mata pelajaran Akidah akhlak perspektif taksonomi bloom kelas viii-A SMP Islam Kepung - Kediri

Hadi, Sholikul (2022) Analisis instrumen penilaian dalam pembelajaran luring mata pelajaran Akidah akhlak perspektif taksonomi bloom kelas viii-A SMP Islam Kepung - Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (460kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Analisis instrumen penilaian dalam pembelajaran luring mata pelajaran akidah akhlak kelas viii-a SMP Islam Kepung-Kediri. 2) Instrumen penilaian pembelajaran luring mata pealajaran akidah akhlak kelas viii - a di SMP Islam Kepung - Kediri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , waktu penelitia dari bulan maret sampai april 2022 bertempat di SMP Islam Kepung - Kediri. Obyek penelitian berupa instrumen penilaian mata pelajaran akidah akhlak kelas viiia aspek kogitif. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dengan informan guru akidah akhlak, kepala sekolah, dan beberapa siswa kelas viii a. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) analisis instrumen peniliaian menggunakan jenis penilaian Kualitatif dengan tahapan mengkaji butir soal pilihan ganda, butir soal ini fokus pana soal semester satu pada jenis soal pilihan ganda kelas viii. 2) instrumen penilaian kemampuan kognitif soal semester dengan jumlah soal 20 butir soal. Dari hasil analisis soal dengan mengkategorikan sesuai dengan taksonomi bloom dari 20 butir C1 8 butir soal, C2 5 butir soal, C3 1 butir soal, C4 3 butir soal, C5 3 butir soal, C6 tidak ada. Sedangkan kategori mudah 13 soal, 4 soal kategori sedang, dan 3 soal kategori sukar. 3) Proses penilaian yang dilakukan guru mata pelajaran akidah akhlak kelas viii a SMP Islam Kepung Kediri dengan mengujikan soal - soal yang telah dibuat kepada peserta didik. Maka untuk mengevaluasi pembelajaran guru melihat hasil dari pengerjaan peserta didik pada aspek kognitif siswa. Pembuatan instrumen penilaian pendidik berupa butir soal pilihan ganda mengacu pada pedoman taksonomi bloom mulai dari C1, C2, C3, C4, C5, dan C6.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: SHOLIKUL HADI
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:03
Last Modified: 28 Jul 2023 02:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item