selawati, Selawati (2022) IMPLEMENTASI POLA ASUH AL-UMMU MADRASATUL ULA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK KYAI. Undergraduate (S1) thesis, Intitut Agama Islam Tribakti.
Text
1. COVER, ABSTRAK DLL.pdf Download (654kB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Download (333kB) |
|
Text
4. BAB 3 Y.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
Text
6. BAB 5 & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text
7. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK SELAWATI.2022: IMPLEMENTASI POLA ASUH AL-UMMU MADRASATUL ULA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK KYAI (Studi kasus pada Dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Kota Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dra. Hj. Rifqiawati Zahara, M.Pd.I. Kata Kunci: Pola Asuh, Membentuk Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pola asuh Al-Ummu madrasatul ula perspektif pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dalam membentuk karakter anak kyai. Pola asuh Al-ummu Madrasatul Ula merupakan salah satu bentuk pendidikan yang diberikan seorang ibu pada anaknya. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Baumrind mengenai pola asuh yang dikategorikan menjadi tiga macam yaitu: pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh Permisif. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana implementasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al Mahrusiyah sebagai al-ummu madrasatul ula dalam membentuk karakter anak kyai? (2) bagaimana implikasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dalam membentuk karakter anak kyai ? Maka dari rumusan masalah di atas dapat diambil tujuan penelitian sebagai berikut: (1) memaparkan implementasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al Mahrusiyah sebagai al-ummu madrasatul ula dalam membentuk karakter anak kyai (2) memaparkan implikasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dalam membentuk karakter anak kyai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap implementasi pola asuh al-ummu madrasatul ula dalam membentuk keteladanan anak kyai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung ke kediaman dhurriyyiah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah, wawancara secara mendalam terhadap informan beberapa dhurriyyah, abdi ndalem, ketua Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah, dan pimpinan redaksi pers mahrusy, serta menggunakan teknik dokumentasi. Proses analisis data menggunakan cara yang dilakukan Miles dan Huberman yang dilakukan secara terus menerus sampai tuntas dengan data reduction, data display, mengambilkan kesimpulan Conclusion drawing atau verification. Hasil Penelitian, yaitu: (1) implementasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah sebagai al-ummu madrasatul ula dalam membentuk karakter anak kyai dengan menggunakan kombinasi pola asuh seperti berikut: a) pola asuh otoriter, b) pola asuh demokrasi, dan c) pola asuh permisif. 2) implikasi pola asuh dhurriyyah Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dalam pembentukan karakter anak kyai menjadikan karakter-karakter putra dan putri beliau menjadi orang yang terbiasa meminta izin, meminta maaf, meminta tolong, suka bergaul, hormat pada orang yang lebih tua, patuh kepada orang tua, dan dermawan suka berbagi kepada teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Selawati Shela Qodir |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:00 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:00 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/928 |
Actions (login required)
View Item |