Safitri, Desi Maharani (2022) Internalisasi berpikir kritis peserta didik melalui metode inquiry pada pembelajaran ilmu shorof di lembaga musyawarah Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover watermak.pdf Download (591kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (580kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (636kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Metode inquiry merupakan metode pembelajaran yang melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran mereka, merumuskan pertanyaan, menyelidiki secara luas dan kemudian membangun pemahaman baru, makna dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Cruickshank, dkk mengenai proses metode inquiry yang mencakup mengumpulkan (collecting), mengorganisasi (organizing), dan menganalisa informasi (analyzing information)untuk sampai pada kesimpulan yang dibuat sendiri. Tujuan diterapkannya metode inquiry ini ialah untuk menginternalisasi berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran shorof. Fokus penelitian ini adalah mengetahui bagaimana desain pembelajaran ilmu shorof melalui metode inquiry dalam menginternalisasi berpikir kritis peserta didik, serta mengetahui bagaimana penerapan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar ilmu shorof. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam terhadap informan berupa: Waka Madrasah Madrasah Diniyah, Anggota Dewan Harian Madrasah Diniyah, Dewan Ro’is Musyawarah Madrasah Diniyah, Segenap pengurus Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah, segenap pengurus Musyawarah Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah dan seluruh khodim khodimah Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah dan peserta musyawarah yang merupakan santri Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah, serta menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan serta triangulasi. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian berupa desain pembelajaran ilmu shorof yang terdiri dari lima tahap yaitu: a) merumuskan tujuan yakni tujuan didirikannya Lembaga Musyawarah ialah untuk menginternalkan berpikir kritis peserta didik, b) mengembangkan alat evaluasi melalui pengontrolan pengajar pada setiap kelas dengan memberikan nilai yang sesuai kualitas musyawarah, c) mengembangkan kegiatan belajar mengajar melalui penerapan metode inquiry yang mencakup merumuskan masalah, menginput data, menganalisis data, dan menyimpulkan, d) mengembangkan program pembelajaran, e) melaksanakan program berdasarkan kalender kerja yang telah dibuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/842 |
Actions (login required)
View Item |