khansha, davira amalia (2022) PENGUATAN PEMAHAMAN FIKIH WANITA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB UYUNUL MASAA-IL LINNISA’ DAN FATHUL QORIB PADA SISWI TSANAWIYAH MADRASAH DINIYAH HM AL-MAHRUSIYAH PUTRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover (3).docx Download (69kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.pdf Download (117kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (105kB) |
|
Text
Daftar isi.docx Download (76kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (118kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
BAB 4.docx Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Registered users only Download (514kB) |
Abstract
Fikih wanita merupakan salah satu cabang fikih yang dikhususkan bagi wanita muslim yang dibentuk dengan tujuan agar wanita muslim dapat memahami kaidah-kaidah syari’at Islam yang diajarkan dalam agama. Karnanya fikih wanita merupakan solusi dari berbagai permasalahan perempuan yang memang sulit untuk dipahami. Seperti halnya permasalahan tentang darah yang keluar dari farji wanita yang memiliki banyak sekali macam dan hukum yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memahami proses pembelajaran kitab Uyunul Masaa-il Linnisa’ dan Fathul Qorib di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putri Lirboyo Kediri (2) Memahami perkembangan pemahaman fikih wanita di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma postpositive. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti melakukan tiga tahapan, yaitu: (1) kondemsasi data-data (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan atau verivikasi data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Proses pembelajaran fikih wanita dimadrasah diniyah sudah memenuhi standar proses pembelajaran meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran sesuai dengan peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 (2) Pemahaman fikih wanita di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putri mengalami peningkatan dari pemahaman yang sangat minim menjadi pemahaman eksplorasi yang mampu memperluas persepsi dalam arti waktu atau masalahnya bahkan siswi dapat mengaplikasikan pemahaman tersebutu kedalam masalah keseharian yang dialami oleh siswi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd. Khansha Davira Amalia |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 01:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 01:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/711 |
Actions (login required)
View Item |