Metode pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman santi di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qurán Lirboyo Kota Kediri

Fatichatul Fuadah, Lilik (2021) Metode pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman santi di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qurán Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. SAMPUL, DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Metode-metode pembelajaran fiqih yang ada selama ini belum memberikan solusi alternatif kepada para santri untuk meningkatkan pemahaman secara mudah, praktis, sistematis, fleksibel dan sesuai, sehingga tidak sedikit para santri mengalami kesulitan untuk mempraktekkan atau mengamalkan keilmuan mereka. Menilik kesulitan-kesulitan tersebut, dari banyak lembaga pendidikan pembelajaran Fiqih Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri mengadakan metode pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman santri yaitu metode klasikal (berjenjang). Focus penelitian terfokus pada : 1) Metode pembelajaran Fiqih di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at. 2) faktor pendukung pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman santri di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman siswi pada Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri, untuk mengetahui faktor pendukung pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman santri di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan secara kualitatif deskriptif, dilaksanakan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri, pada bulan Juni 2021. Subyek penelitiannya adalah Pengasuh Pondok dan Santri. Adapun Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawncara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman santri di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizi Wal Qiro-at Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri sangat baik. Faktor pendukung metode praktek pembelajaran fiqih antara lain yaitu adanya beberapa agenda atau kegiatan yang sudah disusun dan terstruktur dengan sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Depositing User: Amilatus Sholikhah
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:33
Last Modified: 01 Dec 2022 08:33
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item