Avcarina, Azza (2023) Teknik peningkatan kualitas hafalan al Qura'n Santri Pasca tahfiz di Pondok Pesantren Hamalatul Qura'n Putri Pare. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (558kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (828kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Al Qura'n sebagai kitan suci pegangan umat islam sudah seharusnya menjadi pedoman dalam setiap langkah, maka sudah semestinya umat Islam semnagat dalam belajar, membaca, memahami dan mengamalakan isi kandungan al Qura'n. Salah satu cara untuk menjaga keaslian al Qura'n adalah dengan mempelajari dan menghafalkannya. Menghafal al Qura'n bukan hanya sekedar menyetorkan hafalan tambahan hingga kahatam, tuntunan untuk meningkatkan kualitas hafalan juga menjadi beban bagi para penghafal, terutama pasca menghafal atau santri pasca tahfiz. Karena itu dibutuhkan suatu metode atau teknik yang diterapkan dalam peningkatan kualitas hafalan. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana teknik peningkatan kualitas hafalan santri pasca tahfiz? (2) Bagaimana pelaksanaan teknik peningkatan kualitas hafalan santri pasca tahfiz? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat teknik peningkatan kualitas hafalan santri pasca tahfiz?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kinerja. Data dianalisi dengan teknik Milles dan Hubberman yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : teknik Peningkatan Kualitas Hafalan Santri Pasca tahfiz di Pondok Pesantren Hamalatul Qura’n Putri 4 adalah model habituasi. Model Habituasi ini menitikberatkan pada aktivitas / haliyah khusus ala Hamalatul Qura’n yaitu sholat tahajjud maqra ½ juz, dhuha maqra ¼ juz, muroqobah 5 juz, dhikr al quran 1 juz ba'dha dhuhur dan ashar, fashohah khusus pasca tahfiz, setoran 2 kali sehari dengan porsi setoran minimal ¼ juz dalam sehari. Berdasarkan skor nilai tes kinerja, evaluasi bulanan, dan sebagian besar santri berhasil tasmi’ 30 juz dalam waktu 1 tahun. Maka teknik habituasi terhadap kualitas hafalan santri pasca tahfiz memiliki tingkat efektivitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Azza Avcarina |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:21 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:21 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |