Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Al-quran di Madrasah Qiroatil Qur'an studi kasus di Pondok Pesantren Hm Al-Mahrusiyah III Ngampel Kota Kediri

Zawawi, Evan (2021) Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Al-quran di Madrasah Qiroatil Qur'an studi kasus di Pondok Pesantren Hm Al-Mahrusiyah III Ngampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data di kumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, selanjutnya data di analisa menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan Al Qur’an yang ada di MQQ sudah terealisasi dengan baik juga hasil yang baik pula. Hal ini berdasarkan melihat siswa dalam hal penguasaan pelajaran dan membacanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan Al Qur’an di MQQ. Pertama, perencanaan kurikulum dilakukan diawal tahun ajaran dengan mengadakan rapat perencanaan kurikulum, struktur kurikulum sesuai dengan dengan buku pedoman HSPK. Kedua, pengorganisasian dilakukan oleh Kepala Madrasah yang di pantau langsung oleh Penasehat, Pengasuh, dan Dzuriyah Pon. Pes. HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri dengan membagi tugas kepada seluruh Assatidz sesuai dengan kompetensi masing-masing. Ketiga, pelaksanaan kurikulum yang menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, media, metode dan evaluasi pembelajaran. Keempat, Evaluasi kurikulum dengan mengevaluasi keadaan, input, proses, dan output ataupun hasil. Dalam proses manajemen kurikulum, dijumpai beberapa kendala yang di sebabkan oleh kurangnya SDM (himmah), kurangnya kesadaran santri untuk giat dalam mengkaji dan belajar, waktu tidak maksimal mengingat banyaknya kegiatan yang ada di lingkungan Pon. Pes. HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Berdasarkan kendala tersebut, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi solusi utama dalam keberhasilan kegiatan manajemen kurikulum pendidikan Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Evan zawawi
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:10
Last Modified: 26 Dec 2022 04:10
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item