FEBRIANA, ACHMAD (2022) PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V MI AN NIDHOM BRANGGAHAN. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI.
Text
1 COVER .pdf Download (133kB) |
|
Text
2. HALAMAN AWAL.pdf Download (638kB) |
|
Text
3. BAB 1-5 revisi 03 08 2019.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (563kB) |
|
Text
5. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
Achmad Febriana Sari_Halaqoh_PGMI_ARTIKEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS_SKRIPSI 2019_NPM. 182621750.pdf Download (861kB) |
Abstract
Abstrak: Artikel ini dibuat karena melihat semakin menurunnya kemampuan berbicara dalam mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas V di MI AN NIDHOM Branggahan sedangkan mata pelajaran bahasa inggris tetap diujikan dalam Ujian Standar Berbasis Daerah (USBD) dan Ujian Praktek Tahap Akhir di kelas 6 walaupun mata Pelajaran bahasa inggris tidak masuk dalam standar kurikulum 2013. Sehingga tetap mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan berbicara bahasa inggris pada khususnya. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagi berikut : (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran yang dilakukan guru kelas V di MI An Nidhom Branggahan? (2)Bagaimana hasil peningkatan berbicara bahasa inggris siswa kelas V MI An Nidhom Branggahan dengan menerapkan model bermain peran ? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan ini dipilih berdasarkan karakteristik permasalahan – permasalah yang terjadi selama proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian ini antara lain (1) Peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris dengan model pembelajaran bermain peran dengan pembuatan teks secara langsung oleh siswa, penilaian secara langsung oleh guru dan siswa, tanya jawab serta tebak kosa kata dan menerjemahkan yang dibimbing oleh guru sesuai dengan materi yang diajarkan dan peningkatan kemampuan berbicara disertai kemampuan peningkatan kosa kata menjadi nilai tambah pada masing-masing siswa dalam pembelajaran berbicara bahasa inggris. (2) Pembentukan kelompok secara heterogen mampu mengaktifkan kegiatan pembelajaran dikelas serta menjadikan siswa pasif menjadi lebih aktif dalam melakukan permainan bermain peran. Melalui penelitian tindakan siklus 1 dan siklus 2 diperoleh hasil yang cukup memuaskan dengan didasarkan pada peningkatan nilai masing-masing siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dalam proses pembelajaran berbicara bahasa inggris. Kata kunci: Model Bermain Peran, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | febri FEBRIANA ACHMAD |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 04:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/489 |
Actions (login required)
View Item |