Masy’idah, H. Mas’ud (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ASTAR. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI.
Text
COVER_BU_IDAH.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB_I_BU_IDAH.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB_II_BU_IDAH.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB_III_BU_IDAH.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB_III_BU_IDAH.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text
BAB_IV_BU_IDAH.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
BAB_V_BU_IDAH.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_BU_Idah.pdf Download (392kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2kB) |
|
Text
Evaluasi_pembelajaran_bahasa_Arab.pdf Download (500kB) |
|
Text
lampiran_bu_Idah.pdf Download (1MB) |
|
Text
lampiran_bu_Idah.pdf Download (1MB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (287kB) |
|
Text
Pernyataan_keaslian_dan_Riwayat_Hidup.pdf Download (283kB) |
|
Text
MASY'IDAH-NPM18.26.2.1746.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK MASY’IDAH. 2019: Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Miftahul Astar, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. H. Muslimin, M.Pd.I Kata Kunci: Media Kartu, Kosa Kata Bahasa Arab. Mata pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang isinya mencangkup mata pelajaran membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Namun dalam kenyataan mutunya masih sangat rendah karena belum mencapai target yang diinginkan secara maksimal dan memadai. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam mempelajari sesuatu yang baru dan asing, selain itu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal disekolah. Siswa siswi kelas V MI Miftahul Astar kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab tentang mufrodat karena guru tidak menggunakan media yang mendukung. Maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan mudah disapat seperti media kartu bergambar (flash card). Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimanakah Penggunaan Media Kartu dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab siswa – siswi kelas V MI Miftahul Astar? (2) Bagaimana Hasil yang dicapai siswa pada pembelajaran kosa kata bahasa arab dengan media kartu Bahasa Arab siswa – siswi kelas V MI Miftahul Astar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di MI Miftahul Astar yang terletak di Dusun Dawung, Desa Bedug, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Penggunaan media flash card untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di kelas V MI Miftahul Astar Dawung Bedug diantaranya yaitu: a) guru memberikan gambar dari kosa kata atau mufradat yang ingin diajarkan dan siswa menebak gambar tersebut, b) guru memberikan kosa kata (mufradat) dalam bahasa Arab, c) siswa meniru ucapan guru, d) siswa menghafalkan kosa kata (mufradat) baru, e) guru mengetes kemampuan menghafal siswa satu per satu. (2) Hasil yang dicapai siswa pada pembelajaran kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan media flash card mengalami peningkatan. Siklus I peserta didik yang tuntas berjumlah 12 orang atau (48%) dan yang tidak tuntas berjumlah 13 orang atau (52%) selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II peserta didik yang tuntas menjadi 21 orang atau (84%) dan yang tidak tuntas 4 orang atau (16%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | febri FEBRIANA ACHMAD |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 04:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
View Item |