Huda, Mafatikhul (2022) Konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada santri di Pondok Pesantren Darussalam. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover dkk.docx Download (435kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (293kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (295kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (279kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan konseling kelompok pada santri kelas wustho Madrasah ihya’ ulumiddin Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakam dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas wustho yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rentang usia 18-22 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala motivasi belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa signifikan konseling kelompok terhadap motivasi belajar (ᵦ=0,365, P=0,547). Konstribusi konseling kelompok motivasi belajar sebesar 0,3%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konseling kelompok akan secara signifikan semakin tinggi motivasi belajar. Berdasarkan melalui pengujian secara simultan dengan uji F didapatkan nilai F hitung (0,432) dengan tingkat signifikan (0,547) lebih dari (0,050), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara konseling kelompok dan motivasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan konseling kelompok tidak mempengaruhi motivasi belajar pada santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Mafatikhul Huda |
Date Deposited: | 31 Dec 2022 03:54 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 03:54 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/399 |
Actions (login required)
View Item |