QURROTUL, UYUN (2021) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU REMI MATEMATIKA (KARIMA) PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV MI AL-HIDAYAH TEGALAN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
19.26.0.1855 PRABAB.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
19.26.0.1855 BAB-1.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
19.26.0.1855 BAB-2.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
19.26.0.1855 BAB-3.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
19.26.0.1855 BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
![]() |
Text
19.26.0.1855 BAB-5.pdf Download (312kB) |
Abstract
Cara melatih keterampilan siswa dalam mendalami Matematika salah satunya pada materi bangun datar adalah melalui pengaplikasian Kartu Remi Matematika (KARIMA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, hasil belajar, dan respon siswa Kelas IV MI Al-Hidayah Tegalan dalam menggunakan Kartu Remi Matematika (KARIMA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan analisis. Penerapan penelitian ini menganut salah satu teori belajar Behavioristik, yang mana penerapan permainkan Kartu Remi Matematika (KARIMA) dilaksanakan secara berulang. Hasil persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama, pertemuan kedua dan pertemuan ketiga adalah 70,5 %, 88,5 % dan 94,25 %. Hasil belajar siswa ditentukam melalui pemberian tes soal yang berjumlah 10 pilihan ganda dan 2 soal uraian. Didapatkan hasil belajar 20 siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 2 siswa di bawah KKM. Hasil belajar rata-rata siswa Kelas IV MIAl-Hidayah setelah menggunkan Kartu Remi Matematika (KARIMA) adalah sebesar sebesar 91 %. Besar persentase tersebut dapat dikatakan tuntas karena sudah melebihi batas ketuntasan klasikal yaitu sebesar ≥ 85%. Dan untuk ngetahui hasil respon siswa setelah menggunakan Kartu Remi Matematika (KARIMA) adalah dengan membagikan instrument kuisioner minat siswa terhadap permainan Kartu Remi Matematika (KARIMA). Respon siswa terhadap penerapan Kartu Remi Matematika (KARIMA) ini sangat baik dan antusias didapatkan point rata-rata sebesar 28,9 atau dalam persentase yaitu sebesar 96,5 %. Berdasarkan tabel 1 hasil persentase tersebut masuk dalam kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |