MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTERDALAMPENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (STUDIPONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN SABAKPERMAIKOTA SIAK SRI INDRAPURA RIAU)

M Aziz, Nasrullah (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTERDALAMPENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (STUDIPONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN SABAKPERMAIKOTA SIAK SRI INDRAPURA RIAU). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
2207001554 - Pendahuluan.pdf

Download (847kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 2.pdf

Download (788kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 3.pdf

Download (659kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 5.pdf

Download (656kB)
[img] Text
2207001554 - BAB 6.pdf

Download (604kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dekadensi karakter santri, dengan adanyapermasalahan tersebut. Pemerintah mengeluarkan kebijakan programpendidikankarakter di indonesia. Pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasanemosional santri maka Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Sbak Permai SiakRiaumencantumkan manajemen pendidikan karakter dalam visi dan misi serta tujuan pondokpesantren dalam membentuk karakter santri serta mengembangkan kecerdasanemosional santri. Yang mana kecerdasan emosioanal santri usia menengah remajasangat rentan dikarena perubahan zaman yang terus berkembang dan juga kemajuanteknologi, dimana santri yang masih mengandalkan emosi (perasaan) dalamkeadaanyang ada untuk bertindak. Maka dari itu manajemen pendidikan karakter dalammengembangkankecerdasan santri sangat cocok dalam menjaga dan membina santri menjadi generasi yang ranah pikir, rasarasa, ranah religi, dan ranah spikis yang baik dan meujudkangenerasi yang kreatif, inovatif, serta memiliki kepribadian yang baik serta peduli terhadap orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis studi kasus. Pengumpulandata menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data melalui kasus individu. Uji keabsahan data meliputi empat kriteria yaitu: Uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Penelitian ini bertujuan menganalisi dan menemukan; 1) perencanaanmanajemen pendidikan karakter dalam pengembangan kecerdasan emosional santri, 2) Imlementasi manajemen pendidikan karakter dalam pengembangan kecerdasanemosional santri, dan 3)Pengawasan manajemen pendidikan karakter dalampengembangan kecerdasan emosional santri di Pesantren Madrasatul Qur’an SabakPermai Siak Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pendidikan karakter dianalisis tentang visi, misi, dan tujuan menekankan perkembangan peserta didik. Pengorganisasian kurikulum didasarkan atas minat, kebutuhan dan tujuan peserta didikdan masyarakat. 2) Implementasi manajemen pendidikan karakter dianalisis denganpelaksanaan program-program serta kegiatan-kegitan yang dapat membantumenumbuhkan kecerdasan emosional 3) pengawasan manajemen pendidikan karakter . Dalam pendidikan karakter santri dianalisi dengan evaluasi setiap program-programagar tidak adanya hal yang menyimpang (1) Kualitas Imtak, akhlak mulia, kepribadianunggul, dan kompetensi estetis serta kecerdasan emosional. (2) Kapasitas intelektualitasuntuk menggali dan mengembangkan serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi danseni. (3) Kemampuan m

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd M. Syahrizal Niqie
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:12
Last Modified: 23 Jul 2025 08:12
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3176

Actions (login required)

View Item View Item