Hasyim, Ma'mun (2024) Strategi guru pai dalam mencegah tindakan bullying di SMP QUEEN AL-FALAH 2 PLOSO MOJO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
cover.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (776kB) |
Abstract
Bullying dapat terjadi di mana saja, termasuk di sekolah, tempat bermain, di rumah dan di tempat hiburan. Berdasarkan hasil penelitian Kasus bullying atau perundungan pada anak-anak meningkat dan tidak bisa dibiarkan, karena akan menimbulkan masalah serta meresahkan masyarakat. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaiman bentuk bullying di SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri? (2) Apa saja faktor terjadinya bullying di SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri? (3) Bagaimanakah strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Bentuk-bentuk bullying yang ada di SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri yang pertama bullying fisik, Bullying fisik adalah tindakan menyakiti orang lain dengan cara melibatkan anggota badan atau sentuhan fisik antara pelaku dan korban yang dilakukan secara terus-menerus. Bullying fisik yang ada di SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri seperti memukul, menendang, mengganggu, mendorong, dan melempar kertas. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya bullying di SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri, antara lain: Anak mengalami cacat tubuh, gangguan mental, gangguan tingkah laku, anak terlalu lugu, memiliki temperamen lemah, ketidaktahuan anak-anak akan hak haknya, anak terlalu bergantung pada orang dewasa. (3) Strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa SMP Queen Al-Falah 2 Ploso Mojo Kediri di antaranya, yaitu (a) memberikan hukuman, (b) memberikan himbauan/nasehat, (c) melakukan pengawasan, (d) memberikan penghargaan, dan (e) bekerjasama dengan orang tua atau memanggil orang tua siswa ke sekolah. Saran-saran yaitu: (1) Kepala sekolah hendaknya membuat program pertemuan rutinitas dengan orang tua peserta didik, terutama yang berkaitan dengan sikap dan perilaku peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah. (2) Guru PAI dan guru pada umumnya hendaknya lebih tegas dalam mendisiplinkan peserta didik dan dalam memberikan sanksi bagi yang tidak disiplin mengikuti program program keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |