ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK

Ichwan, Zainal (2024) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
CPVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (63kB)
[img] Text
lAMPIRAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki merupakan isu yang mendalam dan meluas, mencakup berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Dalam banyak masyarakat, perempuan seringkali menghadapi diskriminasi dan stereotip yang membatasi peluang mereka. Misalnya, di tempat kerja, perempuan sering dibayar lebih rendah daripada laki-laki meskipun melakukan pekerjaan yang sama dan memiliki kualifikasi yang setara. Mereka juga menghadapi hambatan dalam mendapatkan promosi dan menduduki posisi kepemimpinan. Dalam bidang pendidikan, meskipun telah terjadi kemajuan, di beberapa daerah, perempuan masih memiliki akses yang terbatas ke pendidikan tinggi, yang kemudian mempengaruhi kesempatan mereka di pasar kerja. Untuk mewujudkan kesetaraan gender, pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting, mengusung prinsip-prinsip demokrasi, persamaan, dan kesempatan yang setara dalam belajar tanpa diskriminasi. Setiap individu, tanpa memandang status sosial atau jenis kelamin, memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan Pendidikan agama Islam merupakan inisiatif yang disengaja dan terencana untuk mengenalkan, memahami, menghayati, mempercayai, bertakwa, dan menunjukkan akhlak mulia, serta menerapkan ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur'an Fokus penelitian dalam skripsi: 1) bagaimana pemahaman siswa tentang kesetaraan gender dalam aqidah akhlak. 2) Apa saja faktor yang mendukung pemahaman siswa tentang kesetaraan gender dalam pembelajaran aqidah akhlak? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) untuk memberikan wawasan mendalam tentang kesetaraan gender dalam konteks pembelajaran aqidah akhlak di MTsN 2 Ngawi, 2) Untuk memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pemahaman siswa mengenai kesetaraan gender tersebut. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara. Dengan kesimpulan: Hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan adalah secara konteks pemahaman kesetaraan gender dalam pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII MTsN Ngawi mengalami kualitas yang baik dengan pendalaman materi aqidah akhlak “siswa dapat lebih memahami dan saling menjaga atas toleransi dan saling menghargai” beberapa faktor pendukung yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kesetaraan gender dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTsN 2 dari hasil temuan penelitian faktor pendukung dalam pemahaman kesetaraan gender, a) tidak adanya perbedaan antara laki laki dan Perempuan dalam hubungannya dengan keagamaan, b) laki-laki dan Perempuan sama dalam posisinya sebagai makhluk ciptaan Allah, c) keduanya (laki-laki dan Perempuan ) sama-sama menjadi khalifatul ardhi yaitu khalifah di muka bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 07:29
Last Modified: 28 May 2025 07:29
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item