Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Ulum, Moh. Bahrul (2024) Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (49kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
lembar persetujuan pembimbing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRACK .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (246kB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah sekarang ini pelaksananya masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kompleks. Strategi pembelajaran yang selama ini di terapkan masih didominasi dengan strategi konvensional, yang pasif, monoton dan kurang bermakna. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada Teacher Center tersebut, kurang interaktif dan kurang kondusif bagi peningkatan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa. Konsekuensinya perlu dicarikan strategi alternatif, yaitu strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) karena sekarang ini pembelajaran dan pengajaran kontekstual menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya menghidupkan kelas secara maksimal. Kelas yang hidup diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat. Berangkat dari fenomena di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri dan bagaimana strategi Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data primer pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan murid SMKS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Sedangkan data sekunder diperoleh dari website resmi dan referensi lainnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan mengenai data yang berhubungan dengan pembahasan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengecek keabsahan data dan keikutsertaan peneliti dalam observasi, triangulasi. Tahap terakhir yang dilakukan adalah menganalisa data dengan menyederhanakan data, pengujian data dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri yaitu pertama, menerapkan prinsip-prinsip penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Kedua, penggunaan modul sebagai media pembelajaran serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) perlu diterapkan dalam proses pembelajaran. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan desain penelitian eksperimen menggunakan kelompok kontrol sehingga diperoleh data yang lebih valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 06 May 2025 02:45
Last Modified: 06 May 2025 02:45
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item View Item