PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM PEMBELAJARAN SKI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA RAUDLATUT THALABAH

Ahmad, Taufiqurrahman (2024) PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM PEMBELAJARAN SKI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA RAUDLATUT THALABAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
FIKS SKRIPSI AWAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (433kB)
[img] Text
FIKS SKRIPSI Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (233kB)
[img] Text
FIKS SKRIPSI Bab II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (271kB)
[img] Text
FIKS SKRIPSI Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (293kB)
[img] Text
FIKS SKRIPSI Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (272kB)
[img] Text
FIKS SKRIPSI Bab V - Riwayat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (574kB)

Abstract

Ponsel adalah teknologi yang sangat maju. Setiap orang dapat berkomunikasi dengan mudah, termasuk siswa MA Raudlatut Thalabah. Pengguna dapat dengan mudah menemukan segala informasi dan berita yang dibutuhkan khususnya mengenai pembelajaran, antara lain: Menemukan bahan belajar, menggunakan keterampilan digital, dan menggunakan aplikasi modern yang bertujuan untuk memudahkan pembelajaran, seperti: Google Meet. e-book dll. Namun ponsel juga dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya, dan hal ini sering terjadi pada anak-anak. Mulai dari kecanduan internet, game, hingga konten yang mencakup pornografi. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI di MA Raudlatut Thalabah? (2) Apa pengaruh penggunaan handphone dalam pembelajaran SKI terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Raudlatut Thalabah? Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan penelitian kuantitatif. metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian yaitu: (1) Siswa MA Raudlatut Thalabah memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai perkembangan teknologi, namun siswa MA Raudlatut Thalabah masih kurang selektif dalam memanfaatkan teknologi. Bukan sebagai alat yang dapat membantunya belajar namun sebagai bagian dari prasarat pergaulan dan simbol-simbol kelas sosial. Untuk mencegah hal tersebut, model pembelajaran dalam mata Pelajaran SKI perlu lebih inovatif lagi seperti dengan memanfaatkan teknologi semacam handphone agar dapat lebih mudah mendapat wawasan, informasi serta pemahaman melalui berbagai macam fitur pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran mata Pelajaran SKI di MA Raudlatut Thalabah. (2) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan handphone dapat berpengaruh cukup besar terhadap prestasi belajar siswa di MA Raudlatut Thalabah. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan handphone memiliki prestasi belajar lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan handphone. Kata Kunci: Penggunaan Handphone, Pembelajaran SKI, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 05 May 2025 04:14
Last Modified: 05 May 2025 04:14
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item