DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN KOGNITIF SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH BANJARMLATI KOTA KEDIRI

Zulfatunnisah, Zulfatunnisah (2024) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN KOGNITIF SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH BANJARMLATI KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
Zulfatunnisah_Cover.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_BAB 1.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_BAB II.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_ BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text
Zulfatunnisah_Lampiran2.pdf - Published Version

Download (706kB)

Abstract

ZULFATUNNISAH. 2024. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas V MI Islamiyah Banjarmlati Kota Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah dan Keguruan, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Muhammad Safa’udin, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perkembangan Emosional, Perkembangan Kognitif Penggunaan gadget semakin meluas di kalangan siswa sekolah dasar, tetapi dampaknya terhadap perkembangan emosional dan kognitif mereka masih menjadi perhatian utama. Penggunaan gadget berlebihan membuat perkembangan anak berubah. Gadget seperti tablet, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya, memberikan akses yang luas terhadap informasi dan media digital, Gadget mempunyai fitur menarik yang ditawarkan dan seringkali membentuk anak-anak cepat akrab dengannya, anak lebih praktis dalam mencari segala info dan berita yang diperlukan olehnya, terutama dalam hal belajar sembari bermain ataupun bermain sambil belajar. Kompleksitas ini, bagaimanapun memiliki dampak pada perkembangan emosional dan kognitif anak, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan. Fokus penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana penggunaan gadget pada siswa? (2) Bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan kognitif siswa? (3) Bagaimana cara mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan kognitif siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan kognitif siswa sekolah dasar melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengambilan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini di MI Islamiyah Banjarmlati Kota Kediri dengan sasaran kelas V-B. Hasil penelitian, yaitu: (1) Penggunaan gadget pada siswa lebih banyak digunakan untuk hiburan seperti menonton video, dan bermain game dibandingkan belajar. (2) Terlalu sering menggunakan gadget menyebabkan siswa kesulitan dalam mengatur emosi mereka sendiri, luapan emosi yang ditampilkan siswa akibat penggunaan gadget yang berlebihan yaitu siswa tidak dapat mengontrol penggunaannya, sering marah, mengamuk dan berontak saat tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak terkontrol juga dapat menurunkan kemampuan siswa dalam mengingat materi pembelajaran, mengganggu fokus, berkonsentrasi dalam belajar bahkan menghalangi eksplorasi anak. (3) Untuk mengatasinya, orang tua memegang peranan penting dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak-anaknya, karena dapat memengaruhi kecerdasan emosi dan kemampuan kognitif mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:13
Last Modified: 30 Apr 2025 04:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item