Burhan, Mohammad Nanang Nurul (2023) Pengaruh Praktik Ubudiyyah terhadap Kemampuan Cognitive Siswa Madrasah Ihya Ulumiddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
COVER DKK.pdf - Published Version Download (804kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (173kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Kemampuan Cognitive merupakan aspek yang penting dalam perkembangan peserta didik khususnya dalam aktivitas pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran diukur berdasarkan kemampuan cognitive yang telah ditetapkan. Perkembangan cognitive antar peserta didik sangat beragam, ada yang berkembang secara baik namun juga ada yang perlu diperbaiki.Dengan kemampuan cognitive yang tinggi, seseorang mampu membangun jiwanya dengan baik, karena mampu mengendalikan diri dengan baik, sehingga tidak terhindar untuk melakukan perilaku yang tidak bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.Oleh karena itu, seorang pendidik memiliki tanggung jawab dalam memahami perkembangan cognitive setiap peserta didiknya, agar keberhasilan pembelajaran bisa tercapai.Peneliti menjumpai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan cognitive siswa. Kegiatan tersebut adalah kegiatan “Praktik Ubudiyah” yang dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1)Bagaimana pelaksanaan kegiatan Praktik Ubudiyah?(2)Apakah ada pengaruh antara Kegiatan Praktik Ubudiyah Terhadap Kemampuan Cognitive Siswa?(3)Apa saja faktor yang mempengaruhi kegiatan praktik ubudiyyah terhadap kemampuan cognitive Siswa?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Ada pun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Dengan jumlah sampel 40 siswa dan pelaksanaan penelitian ini di Madrasah Ihya Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darusssalam kota kediri, Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data mengunakan rumus rank spearmandengan mengunakan bantuan komputer Program SPSS for Windows.Hasil penelitian, yatu: (1) pelaksanakan kegiatan dengan urutan acara yang pertama Pembukaan, kemudian pembacaan kitab/buku referensi, dan praktik ubudiyah, tanya jawab, doa dan penutup. (2) adanya pengaruh dengan bukti analisis data menggunakan uji korelasi koefisien tata jenjang (rank spearman), diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001, yaitu 48% dari keseluruhan variabel pengaruh (3) kegiatan praktik ubudiyyah meningkatkan kemampuan kognitif siswa Madrasah Ihya Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Darussalam sebab beberapa faktor yang ada di dalam kegiatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk orang dewasa 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S. Pd Hardiansa Hardiansa |
Date Deposited: | 02 May 2025 06:44 |
Last Modified: | 02 May 2025 06:44 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |