PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKS AL - MAHRUSIYAH

Rivaldi, Muhammad (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMKS AL - MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (926kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (589kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sekolah merupakan sebuah instansi penyedia fasilitas pendidikan, dimana proses untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa dilaksanakan. Berbagai macam bentuk instansi Pendidikan yang telah lahir di dunia pni, baik lembaga Pendidikan yang formal maupun non formal, yang berfokus untuk memberikan atau menyediakan fasilitas, guna membantu tercapainya tujuan bangsa ini diadakan. Sebagaimana yang telah termaktub dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada alenia ke empat “ Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa...”. Maka dengan demikian sudah seyogyanya setiap Lembaga Pendidikan melaksanakan amanat tersebut. Banyak Lembaga Pendidikan formal yang berada dalam naungan pondok pesantren, yang mana dalam penerapannya acap kali ditemukan berbagai bentuk problematika dalam pembelajaran. Masalah utama yang terjadi sekaligus menjadi pemicu munculnya masalah lain ialah karena pola fikir peseta didik yang suka membandingkan pembelajaran pendidikan agama yang ada di pondok dengan pembelajaran agama yang ada disekolah. Hal ini dirasa sangat mempengaruhi terjadinya proses pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut 1.Bagaimana bentuk problematika yang ada Ketika proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berlangsung ? 2. Faktor – faktor apa yang menjadi penyebab adanya problematika pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKS Al Mahrusyiah ? 3.Bagaimana Upaya yang telah dilakukan instansi dan guru dalam menyikapi problematika pembelajaran PAI di SMKS Al Mahrusyiah ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif .Menurut Moleong, tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, termasuk aktivitas sosial lainnya Dengan wawancara bersama staf guru PAI, waka kurikulum, dan peserta didik, Pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: 1)Bentuk probelematika pembelajaran pendidikan agama islam di SMKS Al – Mahrusyiah Ngampel Kota Kediri yakni adanya peserta didik yang mengantuk / tidur ketika proses pembelajaran berlangsung, adanya peserta didik yang bolos ketika pembelajaran PAI berlangsung, Adanya sikap ketidak tertarikan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. 2.Faktor penyebab terjadinya problematika pembelajaran Pendidikan agama islam di SMKS xi Al – Mahrusyiah Ngampel Kota Kediri yakni adanya pola fikir peserta didik dalam membandingka pembelajaran agama di pondok dan pembelajaran agama disekolah, adanya rasa kebosanan dalam diri peserta didik, serta ketidak seriusan peserta didik dalam setiap pembelajaran PAI. 3.Upaya guru dan sekolah dalam mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan agama islam di SMKS Al Mahrusyiah Ngampel Kota Kediri yakni untuk guru sekolah mengadakan program IHT ( In House Training ) bagi guru guna meningkatkan sikap kreatif dalam diri guru, sekolah juga siap untuk membiayai setiap guru yang hendak melakukan upskilling guna meningkatkan sikap inovatif dalam setiap pembelajaran. Untuk peserta didik sekolah membuat berbagai kebijakan terumata dalam hal kedisiplinan guna mengurangin problematika dalam pembelajaran yang terjadi yaitu sekolah bekerja sama dengan pengurus pondok untuk mengontrol waktu keberangkatan peserta didik di setiap asrama, lalu dilanjutkan dengan pengontrolan asrama sampai jam waktu pulang sekolah, untuk menekan angka peserta didik yang bolos pada saat jam pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 03 May 2025 04:39
Last Modified: 03 May 2025 04:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item View Item