Metode meningkatkan kualitas belajar siswa perspektif kitab Ta’lim Muta’allim karya Burhanuddin az-Zarnuji

Rifa'i, Muhammad Muntaha (2023) Metode meningkatkan kualitas belajar siswa perspektif kitab Ta’lim Muta’allim karya Burhanuddin az-Zarnuji. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL DKK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (565kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)

Abstract

Belajar merupakan hal yang sangat urgen dalam kehidupan. Sejak dari lahir hingga akhir hayat tidak luput dari proses belajar. Agar belajar dapat berjalan secara efektif dan mencapai tujuan, maka diperlukan konsep dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip belajar, tujuan belajar, metode belajar, relevansi konsep belajar menurut Syekh Az Zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim dengan konsep belajar saat ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kitab Ta`limul Muta`allim tentang konsep belajar bagi peserta didik dan masi relevan digunakan dengan konsep belajar saat ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseacrh), yaitu penelitian yang menggunakan data dan informasi dengan bantuan bermacammacam materi yang terdapat dalam kepustakaan, seperti buku, jurnal, dokumen, kisah-kisah sejarah dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam penyusunan laporan penelitian ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Adapun analisis data, peneliti menggunakan metode, analisis isi (content analysis) dan metode analisis historis. Berdasarkan hasil analisis, bahwa di dalam kitab Ta’limul Muta’allim memuat konsep belajar berupa prinsip belajar, tujuan belajar dan metode belajar yang memprioritaskan pentingnya adab sebelum ilmu serta menuntut imu untuk tujuan kebahagian di dunia dan akhirat dengan bekal iman dan takwa kepada Allah. Adapun Prinsip belajar, tujuan belajar, metode belajar, serta relevansi konsep belajar Syekh Az-Zarnuji dengan konsep belajar saat ini bisa dijadikan pedoman dan diaplikasikan bagi para penuntut ilmu agar mendapatkan manfaat dan buah dari ilmu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:25
Last Modified: 19 Aug 2025 03:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item