BAZAR SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN JIWA ENTERPRENEUR PESERTA DIDIK DI MIN 2 KOTA KEDIRI

Maghfiroh, Maghfiroh (2024) BAZAR SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN JIWA ENTERPRENEUR PESERTA DIDIK DI MIN 2 KOTA KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
22.09.0.0096-PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
22.09.0.0096-BAB 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
22.09.0.0096-BAB 2.pdf

Download (600kB)
[img] Text
22.09.0.0096-BAB 3.pdf

Download (453kB)
[img] Text
22.09.0.0096-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
22.09.0.0096-BAB 6.pdf

Download (382kB)

Abstract

Dalam suatu lembaga masih banyak yang belum mengintegrasikan pembelajaran kewirausahaan dalam pendidikan. Cara mengajar guru dalam meningkatkan kepahaman dan upaya pembentukan jiwa kewirausahaan pada peserta didik masih belum maksimal karena tidak adanya pembelajaran atau kegiatan kewirausahaan yang secara nyata. Maka penting bagi kepala sekolah menggerakkan sekolah pada pembelajaran praktik secara nyata untuk peserta didik. Peran pendidikan sangat berpengaruh dalam meningkatkan dan membentuk jiwa enterpreneur sejak sekolah dasar. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana proses praktik bazar sekolah dalam membentuk jiwa enterpreneur peserta didik di MIN 2 Kota Kediri? (2) Bagaimanakah konten strategi bazar sekolah dalam membentuk jiwa enterpreneur peserta didik di MIN 2 Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) Proses praktik bazar sekolah sebagai upaya pembentukan jiwa enterpreneur peserta didik di MIN 2 Kota Kediri meliputi beberapa langkah yaitu: (a) pendekatan pengajaran, (b) desain pengajaran, (c) metode yang mencakup empat langkah yaitu Planning, Organizing, Actuating, Evaluating, (d) strategi pengajaran, (e) strategi instruksional, (f) kemahiran. (2) Konten strategi bazar sekolah sebagai upaya pembentukan jiwa enterpreneur peserta didik dilakukan melalui kerjasama antara kepala sekolah, guru, peserta didik, dan wali murid. Pada MIN 2 Kota Kediri terbentuk beberapa jiwa enterpreneur seperti risk taking, innovative, locus of control, need for achievement, self efficacy, dan tolerance of ambiguity. Pembentukan jiwa enterpreneur tersebut dilakukan melalui proses praktik bazar dengan memberikan pengertian atau pemahaman kepada peserta didik sebelum hingga sesudah pelaksanaan bazar sekolah, serta memberi kesempatan secara langsung dalam mengelola bazar secara mandiri agar memperoleh pengalaman.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 23 Aug 2025 04:38
Last Modified: 23 Aug 2025 04:38
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item