Kreativitas guru pai dalam menggunakan media pembelajaran di MTS AL-AMIEN kota kediri

fuadi, hanif masruril (2024) Kreativitas guru pai dalam menggunakan media pembelajaran di MTS AL-AMIEN kota kediri. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti.

[img] Text
COVER DKK.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

MTs Al-Amien Kota Kediri didirikan pada tahun 2017 di bawah naungan Yayasan Pondok Al-Amien, berlokasi di Jl. Ngasinan Raya No. 18, Kediri, Jawa Timur. Dipimpin oleh Drs. H. Achmad Kirom, sekolah ini meraih akreditasi B dari BAN-SM pada tahun 2019 sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pendidikan berkualitas. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti, penelitian ini menyoroti pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan respons siswa. Media yang digunakan beragam, meliputi audio, visual, dan audio-visual seperti papan tulis, LCD proyektor, video, serta lingkungan sekitar. Guru dan kepala sekolah menekankan pentingnya penggunaan media, meskipun terdapat tantangan dalam pemanfaatan teknologi modern. Guru menggunakan media sesuai dengan materi yang diajarkan, misalnya video untuk mata pelajaran Akidah Akhlak dan PowerPoint untuk Qur’an Hadist. Kreativitas guru dalam memanfaatkan media sangat penting untuk menarik minat siswa serta mencegah kebosanan. Media yang digunakan termasuk lingkungan sekitar dan teknologi sederhana yang membantu siswa memahami materi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di MTs Al-Amien dengan metode kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis fenomena secara mendalam dengan melibatkan berbagai teknik pengumpulan data, sehingga dapat memperoleh informasi detail dan valid tentang kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan: Pertama, media pembelajaran yang digunakan meliputi video pembelajaran, lingkungan, potongan kertas, dan PowerPoint. Kedua, guru menunjukkan kreativitas dengan membuat media PowerPoint serta potongan kertas bertuliskan ayat-ayat yang diberi warna, hiasan gambar, dan suara untuk menarik perhatian siswa serta mengatasi kejenuhan. Ketiga, respons siswa terhadap kreativitas guru bervariasi: sebagian siswa memperhatikan pembelajaran, bertanya, mencatat, dan berdiskusi, sementara sebagian lainnya masih pasif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 23 Aug 2025 04:47
Last Modified: 23 Aug 2025 04:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item