Rahma, Ika Sabila (2024) Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Metode Amtsal pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
Cover dkk.pdf - Published Version Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi.pdf - Published Version Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB II Skripsi.pdf - Published Version Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB III Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB IV Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf - Published Version Download (411kB) |
![]() |
Text
Lampiran Skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (672kB) |
Abstract
Sebagai penggerak, perencana, dan penerapan metode amtsal ini guru haruslah mampu memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Namun di sekolah sangat minim sekali kemampuan guru dalam menerapkan metode amtsal ini, sehingga menyebabkan tolak ukur perencanaan, pelaksanaan serta pengevaluasian yang tidak maksimal. Dalam menyeimbangkan kebutuhan dan keterampilan serta ketetapan model dan materi yang terkait didalamnya, metode amtsal dapat menjadi pendorong dalam memenuhi kebutuhan metode yang sesuai dengan materi. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pembelajaran aqidah akhlak menggunakan metode amtsal di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? (2) Bagaimana kemampuan guru dalam mengimplementasikan metode amtsal pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? (3) Bagaimana dampak penggunaan pembelajaran metode amtsal terhadap pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Sunan kalijogo Kranding Mojo Kediri? Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Metode deskriptif diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat mendeskripsikan seperangkat peristiwa atau kondisi populasi saat ini. Pemaparan data pada metode deskriptif umumnya menyangkut variabel yang terdapat dalam penelitian, sehingga diperoleh sajian informasi yang lengkap mengenai setiap variabel tersebut berdasarkan katagori yang telah diterapkan. Hasil penelitian (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran aqidah akhlak menggunakan metode amtsal. (2) Mendeskripsikan Kemampuan guru dalam mengimplementasikan metode amtsal pada mata pelajaran aqidah akhlak. (3) Dampak penggunaan pembelajaran metode amtsal terhadap pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak tidak hanya meningkatkan pemahaman akademis siswa terhadap aqidah akhlak, tetapi juga memperkuat pembentukan karakter dan moral mereka melalui motivasi yang diberikan oleh perumpamaan-perumpamaan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:47 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |