Kusuma, Alfina Indriyana (2023) Pengaruh Fanatisme dan Loyalitas terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Merchandise K-POP pada Mahasiswa Penggemar EXO di Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER DKK.pdf - Published Version Download (969kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (475kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (479kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (438kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Budaya populer yang saat ini sedang famous diseluruh dunia ialah Hallyu Wave atau biasa disebut dengan K-Pop. Cepatnya arus globalisasi dan perkembangan teknologi, K-Pop menyebar di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Rasa cinta, antusiasme yang ekstrim dan keterikatan emosional dengan idolanya secara berlebihan merupakan bentuk dari fanatisme. Fandom kemudian diargumentasikan sebagai ekspresi dari fenomena yang lebih besar berkaitan dengan fanatisme terkait konsumsi dan terkait merek yang ada di masyarakat modern saat ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise K-Pop pada mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur ? (2) Bagaimana pengaruh loyalitas terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise K-Pop pada mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur ? (3) Bagaimana pengaruh fanatisme dan loyalitas terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise K-Pop pada mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur ? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 85 mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan sebanyak 80 orang yang merupakan penggemar EXO aktif. Teknik purpose sampling digunakan sebagai metode pengambilan subjek. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument (1) skala fanatisme dengan nilai reliabilitas α 0.546, (2) loyalitas dengan nilai reliabilitas α 0.756 dan (3) perilaku konsumtif dengan nilai reliabilitas α 0.379. Data yang diperoleh melalui Google formulir berupa skala likert kemudian dilakukan pengujian analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) fanatisme memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise K-Pop pada mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur dengan kategori sedang dengan nilai presentase sebesar 98%, (2) loyalitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise K-Pop pada mahasiswa penggemar EXO di Jawa Timur dengan kategori sedang dengan nilai presentase sebesar 87%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel fanatisme dan loyalitas terhadap perilaku konsumtif dengan nilai kontribusi sebesar sebesar 30.8 %, sedangkan besar pengaruh terhadap variabel perilaku konsumtif yang ditimbulkan oleh faktor lain sebesar 69.2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Alfina Indriyana Kusuma |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:38 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |