Maula, Fina Rohmatul (2024) Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Santri Madrasah Diniyah Al-Ghozali Janti Kabupaten Kediri Tahun 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
20.01.01.0052_PRABAB.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
20.01.01.0052_BAB-1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.01.0052_BAB-2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
20.01.01.0052_BAB-3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.01.0052_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text
20.01.01.0052_BAB-5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia pendidikan dalam bidang agama Islam salah satunya adalah pembelajaran Al Qur’an. Kebutuhan sekolah dan madrasah terhadap pengajaran Al Qur’an yang baik semakin lama semakin banyak. Penggunaan metode memilik peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar untuk mencapai hasil yang diharapkan. Di Madrasah Diniyah Al-Ghozali Janti Kabupaten Kediri dalam pembelajaran membaca Al-Qur’annya menggunakan metode ummi karena mampu meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Dan di gunakannya metode yang baik dan tepat akan memudahkan tercapainya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana implementasi metode ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Al-Ghozali Janti Kabupaten Kediri? (2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi metode ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Al-Ghozali Janti Kabupaten Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan induktif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul tersebut dianalisis dengan mengunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1)Implementasi metode ummi di Madrasah Diniyah Al-Ghozali sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran yang berjalan dengan baik dan santri pun menikmati dan menjadikan pembelajaran membaca Al-Qur’an bukan sebagai beban. Para guru-gurunya juga bersungguh-sungguh untuk melakukan usaha peningkatan kualitas baca Al-Qur’an. (2)Faktor-faktor yang mendukung implementasi metode ummi pada santri Madrasah Diniyah Al-Ghozali adalah kesiapan guru pengajar Al-Qur’an, sertifikasi guru mengaji ummi, rasio guru dan siswa yang memadai yaitu 1 : 10-15, fasilitas yang memadai, dan kerjasama dari semua pihak yang baik. Adapun faktor-faktor penghambatnya adalah kemampuan santri yang bervariasi, waktu yang kurang memadai dalam proses pembelajaran, terbatasnya ruang kelas dan kurangnya tenaga pengajar. Solusi dari faktor penghambat tersebut adalah dengan mengelompokkan kemampuan santri dan meningkatkat kedisplinan waktu bagi guru maupun santri, bisa juga dengan menambah waktu pembelajaran 5-10 menit, untuk kurangnya tenaga pengajar bisa dengan merekrut guru baru, dan terbatasnya ruang kelas bisa memanfaatkan ruangan madrasah yang tidak di pakai sebagai tempat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 04:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |