Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Fiqih dalam Memahami Fiqih Ubudiyah Tingkat Wustho di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh Lirboyo

Atiqoh, Naili (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Fiqih dalam Memahami Fiqih Ubudiyah Tingkat Wustho di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
2001010048_PRABAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2001010048_BAB-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2001010048_BAB-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2001010048_BAB-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2001010048_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2001010048_BAB-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren sebagai bentuk lembaga pendidikan non formal merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang bersifat tradisional, dengan tujuan untuk mendalami ilmu-ilmu agama dan mengamalkannya sebagai pedoman dalam hidup sehari-hari atau disebut dengan Tafaqquh Fiddin. Ciri khas pembelajaran di pesantren adalah pembelajaran kitab kuning yang memuat berbagai sub bidang ilmu agama, di antaranya ilmu fiqih yang mencakup fiqih ibadah (ubudiyah), fiqih muamalat, fiqih munakahah, dan fiqih jinayat. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembelajaran fiqih ubudiyah bagi santri. Keberhasilan dari proses pembelajaran fiqih dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan santri terhadap materi fiqih ubudiyah yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pesantren Al Baqoroh memiliki program pembelajaran yang mendukung pemahaman santri menggunakan Kitab Risalatul Fiqih. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi pembelajaran Kitab Risalatul Fiqih dalam memahami fiqih ubudiyah santri, dan (2) bagaimana hasil pemahaman santri terhadap fiqih ubudiyah setelah diterapkan Kitab Risalatul Fiqih di Pondok Pesantren Putri Al Baqoroh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan Kitab Risalatul Fiqih dan mengetahui ada atau tidaknya perubahan sebelum dan sesudah penerapan Kitab Risalatul Fiqih di Pondok Pesantren Putri Al Baqoroh Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran Kitab Risalatul Fiqih di kelas harus menggunakan metode yang sesuai agar proses pembelajaran berjalan maksimal dan santri mampu memahaminya, dan (2) hasil pemahaman santri mengenai penerapan pembelajaran Kitab Risalatul Fiqih bukan hanya tergantung dari cara ustadzah dalam menyampaikan materi atau metode yang digunakan, tetapi juga menuntut keseriusan belajar dari santri serta perhatian terhadap apa yang disampaikan ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:13
Last Modified: 29 Aug 2025 02:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item