Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam prestasi belajar belajar PAI di SMP AlMahrusiyah

Nurfalah, Ahmad (2024) Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam prestasi belajar belajar PAI di SMP AlMahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (656kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terdapat pada subyek penelitian misalnya perilaku, Tindakan dan lain sebagainya. Adapun pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bisa dikaitkan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Minat belajar siswa dalam penerapan model CTL SMP Al-Mahrusiyah saat diajar oleh guru PAI bervariasi tergantung pada pengalaman belajar mereka sebelumnya. (2) Proses pembelajaran di SMP Al-Mahrusiyah melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) melibatkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Namun, beberapa siswa menghadapi tantangan dalam belajar yang bisa mengakibatkan kejenuhan. Adapun dampak dari kejenuhan belajar memiliki positif dan negatif.(3) Berikut beberapa faktor penunjangnya a.kemampuan guru dalam menerapkan CTL. b.Keterlibatan siswa dari proses pembelajaran. c.Adanya sarana dan prasarana yang ada di lingkungan sekolah, faktor penghambatnya sebagai berikut. a.Kurangnya waktu untuk menyampaikan materi sehingga beberapa bab dalam TP (Tujuan Pembelajaran) tidak tercapai. b.Kurangnya tenaga kerja yang mengakibatkan beberapa kelas kosong tidak ada gurunya. c.Anak yang dibawah standar atau kurang kreativitas, dapat menjadi beban terhadap beban yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 03:41
Last Modified: 27 May 2025 03:41
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item