Pembelajaran Kitab Al-Miftah sebagai Upaya Pemahaman Fiqih Siswa Kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri

Azza, Ikfi Rohmatul (2024) Pembelajaran Kitab Al-Miftah sebagai Upaya Pemahaman Fiqih Siswa Kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
03. BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
08. RIWAYAT HIDUP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Dalam rangka mengajarkan dan menanamkan pemahaman fiqih sejak dini. Para siswa dijenjang dasar sangat perlu diberikan pembelajaran fiqih. Karena fiqih menjadi pondasi dalam mengamalkan ajaran agama islam. Dalam pembelajaran fiqih diperlukan pula strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahi dengan mudah dan mengamalkannya secara istiqomah. Menyikapi hal tersebut di SD Tahfidz Al Mubarok menerapkan pembelajaran fiqih dengan menggunakan Kitab Al-Miftah. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran kitab Al-Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri ? 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdeskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles dan Huberm an dengan tahapan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian, yaitu: 1) Perencanaan strategi pembelajaran kitab Al Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri meliputi a) Menentukan modul ajar/RPP, b) Mempersiapkan kitab yang dibutuhkan, c) Membuat jadwal petugas pembelajaran, d) Membuat absensi petugas pembelajaran, e) Menyiapkan administrasi evaluasi berupa tes lisan dan tertulis. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri berupa membaca doa akan belajar dan melalar nadhom Al-Miftah. Kedua pembiasaan tersebut dilaksanakan setiap awal pembelajaran fiqih. Dalam pelaksanaannya ditemukan faktor pendukung yang berdampak positif terhadap siswa. Begitu sebaliknya ada juga faktor penghambat yang berdampak negatif terhadap hasil pembelajaran siswa. 3) Faktor pendukung proses pelaksanaan mengajar kitab Al-Miftah sebagai upaya pemahaman fiqih siswa kelas V di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri antara lain: a) Kontinuitas melalar nadhom Al-Miftah, b) Keinginan dan tekad yang kuat, c) Jadwal pemimpin lalaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) Siswa tidak membawa kitab Al-Miftah, b) Siswa merasa bosan, c) Siswa merasa lelah, d) Kurang intensifnya pengawasan guru. Kata Kunci: Strategi, Fiqih, Pembiasaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 08:37
Last Modified: 28 May 2025 08:37
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2707

Actions (login required)

View Item View Item