Saraswati, Yuni (2024) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
A SKRIPSI YUNI (cover).pdf - Published Version Download (117kB) |
![]() |
Text
B SKRIPSI YUNI Surat Pernyataan Keaslian Karya.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text
C SKRIPSI YUNI (Lembar Persetujuan Pembimbing).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Text
D SKRIPSI YUNI (Lembar Pengesahan Tim Penguji (berstempel)).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
F SKRIPSI YUNI(Abstrak).pdf - Published Version Download (165kB) |
![]() |
Text
H SKRIPSI YUNI(Bab 1).pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
I SKRIPSI YUNI (Bab 2 ).pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
J SKRIPSI YUNI (BAB 3).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
K SKRIPSI YUNI BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
L SKRIPSI YUNI BAB 5.pdf - Published Version Download (406kB) |
![]() |
Text
M SKRIPSI YUNI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (595kB) |
Abstract
Variasi gaya mengajar merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran yang diadakan baik secara formal maupun non formal. Dengan gaya mengajar yang baik dan bervariasi yang diterapkan oleh guru pada proses belajar mengajar, maka peserta didik akan lebih termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar akan lebih meningkat. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Setiap guru tentu mempunyai tujuan akhir yang harus dicapai. Salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa?, (2) Apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa?, dan (3) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Tahfidz Al Mubarok Banjarmlati Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi untuk mengukur sejauh mana variasi gaya mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian, yaitu: (1) Terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (2) ) Terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,010. Keseluruhan nilai signifikansi adalah kurang dari 0,05. Maka artinya H0 ditolak dan dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan dari penerapan variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar. Kata Kunci: Variasi Gaya Mengajar Guru, Motivasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 30 May 2025 02:53 |
Last Modified: | 30 May 2025 02:53 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |