Efektifitas metode muraja'ah terhadap kualitas hafalan Al-Quran pada siswa kelas tahfidz A4 kecil SD tahfidz Al Mubarok Kota Kediri

SITI, KOMARIYA (2024) Efektifitas metode muraja'ah terhadap kualitas hafalan Al-Quran pada siswa kelas tahfidz A4 kecil SD tahfidz Al Mubarok Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIT LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
judul.pdf

Download (56kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur`an adalah salah satu perbuatan yang sangat mulia. Selain santri (siswa) menambah hafalan baru juga harus disertai dengan muroja`ah atau mengulang ulang hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode muroja`ah dalam hafalan Al-Qur`an, mengetahui efektifitas metode muraja`ah, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode Muraja’ah dalam hafalan Al-Qur`an pada siswa kelas tahfidz A4 kecil SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri? (2) Apakah penggunaan metode Muraja’ah efektif untuk menjaga hafalan Al-Qur`an pada siswa kelas tahfidz A4 kecil SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri? (3) Apakah faktor pendukung dan penghambat metode Muraja’ah dalam hafalan Al-Qur`an pada siswa kelas tahfidz A4 kecil SD Tahfidz Al-Mubarok Kota Kediri? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : Pertama, pelaksanaan metode muroja`ah di SD Tahfidz Al Mubarok Kota Kediri meliputi 3 tahap yaitu : persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan pertama yaitu untuk menyetorkan hafalan biasanya pagi hari. Kedua, pelaksanaan muroja`ah terbagi menjadi 3 yaitu, muroja`ah di hadapan pengasuh, muroja`ah di hadapan ustadzah atau pentashih, dan yang terakhir muroja`ah berkelompok. Ketiga, evaluasi menggunakan tes lisan setiap hafal genap 1 surat. Kedua, metode muroja`ah di SD Tahfidz Al-Mubarok Kota Kediri dinilai sudah efektif sesuai dengan tujuan menghafal Al- Qur`an. Ketiga, faktor pendukung yaitu kedisiplinan dan motivasi dari orang tua dan orang terdekat santri, adanya kegiatan muroja`ah yang terkontrol dan terus menerus serta adanya apresiasi terhadap santri berprestasi. Faktor penghambat yaitu seringnya ayat yang lupa atau hilang, munculnya rasa malas atau bosan, kurangya motivasi, perhatian dari orang tua sebagai orang terdekat dan kebiasaan santri memainkan gadjetnya seharian membuat mereka lupa melakukan muroja`ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 05:06
Last Modified: 28 May 2025 05:06
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item