Qolbi, Qurrotu A'yuni (2024) Pengaruh media pembelajaran Canva terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (845kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Di era globalisasi, teknologi dan informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan yang terjadi, terciptalah inovasi-inovasi baru dalam segala aspek kehidupan, seperti halnya dalam bidang pendidikan. Kualitas pendidikan sangat penting untuk diperhatikan guna menyesuaikan perkembangan zaman. Mutu pendidikan dapat ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Kemajuan teknologi saat ini menghadirkan banyak aplikasi canggih yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, salah satunya aplikasi Canva. Aplikasi Canva adalah salah satu aplikasi desian grafis online yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik atau guru sebagai media pembelajaran untuk memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana hasil belajar siswa saat sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajara PAI? (2) Apakah ada pengaruh pada penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Canva terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa. Jenis sampel pada penelitian ini, yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS for Windows. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar pre-test pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 64,19 dan hasil belajar post-test memperoleh rata-rata 79,00. Sedangkan hasil belajar pre-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 66,67 dan hasil belajar post-test memperoleh rata-rata 88,91. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung 11,524 > ttabel 2,037. Oleh karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Canva terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Qurrotu A'yuni Qolbi |
Date Deposited: | 21 May 2025 08:03 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:03 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |