Muawanah, Muawanah (2024) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DI MIN 1 DAN MIN 2 NGANJUK. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER DKK.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB 1 TESIS.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB 2 TESIS.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB 3 TESIS.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB 4 TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB 5 TESIS.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB 6 TESIS.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
ABSTRAK Muawanah, 2024. Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Studi Komparatif Penggunaan Media Audiovisual di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk. Tesis Magister Pendidikan Guru Madrasai Ibtidaiyah, Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri. Dosen Pembimbing: (1) Dr. A. Fuad Jauhar, M.Pd. (2) Dr. Diana Nur Sholihah, M.Pd.I Kata Kunci : Audiovisual, Pembelajaran, Bahasa Indonesia Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran yang mendukung aspek spiritual, intelektual, sosial, emosional, dan kinestetik dapat mengembangkan potensi peserta didik. Melalui perkembangan teknologi sebagai alternatif pembelajaran masa kini yaitu media audiovisual. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk? (3) Bagaimana evaluasi penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk? Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data yang terkumpul dianalisis dengan teori sebagaimana disampaikan pada bab IIuntuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidah penelitian ilmiahyang logis dan rasional. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia telah direncanakan secara lengkap dari pemilihan materi bahan ajar yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk. (2) Pelaksanaan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahsa Indonesia di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. (3) Pelaksanaan evaluasi dalam penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan melalui penilaian teman sejawat di MIN 1 dan MIN 2 Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Septi Dwi Utami |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:49 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:49 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |