Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Kediri

Muslih, Muhammad Ubaidillah (2024) Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Kediri. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti, Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep Kurikulum Merdeka menjadi paradigma baru yang mengarahkan konsep pembelajaran sesuai dengan bakat, minat, dan potensi peserta didik. Dalam hal penelitian ini, penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah diimplementasikan kepada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya Fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Fikih berbasis Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Kediri dengan mengambil sampel kelas XI MIPA 6 dan Kelas X-7 dengan menggunakan pendekatan behavioristik dan konstruktivisme. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Fikih dapat dilihat pada 1) Dalam perencanaan, guru mendesain pembelajaran menjadi pembelajaran yang interaktif sesuai dengan ketentuan Kurikulum Merdeka yakni meliputi analisis kalender pendidikan dan Capaian Pembelajaran serta pembuatan Program Tahunan dan Program Semester, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran meliputi pembukaan, inti, dan penutup yang dalam penerapannya lebih dominan menggunakan metode presentasi dan guru memadukan beberapa model pembelajaran meliputi discovery learning, inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning. 3) Proses evaluasi atau penilaian dilakukan dengan penilaian sumatif dan formatif. Sedangkan teori behavioristik berkaitan dengan kondisi pembelajaran yang bergantung pada stimulus dan respon dimana siswa berkesempatan sebagai pemateri di kelas. Sedangkan teori konstruktivisme berhubungan pada keaktifan siswa yang bergantung pada salah satu metode yaitu project based learning melalui presentasi.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:45
Last Modified: 19 Aug 2025 02:45
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item