Wulandhari, Intan (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAHWU TINGKAT I TSANAWIYAH DI MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
bab II.pdf Download (693kB) |
![]() |
Text
bab III.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
bab VI.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (131kB) |
Abstract
Nahwu merupakan pelajaran yang menjadi syarat membaca kitab kosong yang menyebabkan pelajaran nahwu menjadi pelajaran khusus di seluruh dunia pesantren termasuk semua pesantren di Indonesia. Keahlian untuk bisa membaca kitab kosong semua santri harus paham dan hafal pelajaran nahwu. Hal ini menuntut setiap lembaga pesantren untuk penerapan pembelajaran nahwu. Penerapan pembelajaran nahwu membutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat terwujud sesuai dengan harapan. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut (1) Bagaimana Mentransformasikan Stimulus dan Lingkungan Belajar Dalam Pembelajaran Nahwu Tingkat I Tsanawiyah Di Madrasah Hidayatul Mubtadiin? (2) Bagaimana Proses Kognitif Pembelajaran Nahwu Tingkat I Tsanawiyah Di Madrasah Hidayatul Mubtadiin? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data penelitian menggunakan teknik analisis model alur yang meliputi: reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Selain itu, peneliti menggunakan teori belajar behavioristik. Hasil penelitian, yaitu: 1. Stimulus dan Lingkungan belajar mengajar adalah dengan proses penyusunan materi pelajaran sebelum guru masuk ke kelas. Materi pembelajaran Nahwu yang terkandung dalam kitab Jurumiyah tingkat I Tsanawiyah dari bab kalam sampai idhofah, penggunaan media pembelajaran menggunakan papan tulis dan kapur sebelum pembelajaran dilaksanakan, penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran menggunakan metode ceramah pada saat menyampaikan materi dan metode diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan. 2. Kognifikasi kegiatan belajar mengajar diawali doa terlebih dahulu agar mendapatkan barokah dari pengarang kitab. Metode pada kegiatan belajar mengajar ini menggunakan metode diskusi dilakukan 15 menit sebelum pembelajaran dilaksanakan dan metode ceramah dilakukan selama 30 menit setelah membacakan makna. Dengan menggunakan media pembelajaran yaitu papan tulis dan kapur untuk menulis materi yang akan dijelaskan.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Santoso Santoso |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:13 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:13 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |