Ulum, M. Fachul and UNSPECIFIED (2004) Konsep pendidikan karakter menurut imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayat dan keterkaitannya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
cover.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
Daftar isi. pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang terjadi di dalam kehidupan. manusia pada zaman sekarang ini sudah jauh dari pendidikan akhlak. Akibatnya. bentuk penyimpangan terhadap nilai tersebut mudah ditemukan di lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai peristiwa yang terjadi, yang menunjukkan penyimpangan terhadap nilai yang terdapat di dalamnya. Untuk memurnikan kembali kondisi yang sudah tidak relevan dengan ajaran Islam, satu- satunya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kembali kepada ajaran yang terdapat di dalamnya.Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah (2) Konsep pendidikan karakter menurut imam Al-Ghazali keterkaitannya dengan pendidikan karakter di Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Sumber datanya ada dua, yakni sumber primer, yaitu sumber yang berasal dari kitab Bidayatul Hidayah, dan sumber sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dan relevan dengan permasalahan dalam tesis ini dengan teknik analisis data yaitu content analysis. Hasil penelitian. Karakter adalah suatu sikap yang mengakar dalam jiwa yang darinya lahir berbagai perbuatan mendorong dan membimbing peserta didik atau sifat-sifat manusia yang terdidik. Sedangkan pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali adalah usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik. untuk membentuk kepribadian yang baik pada seorang anak didik baik dari segi jasmani maupun rohani, zahir dan batin sehingga terbentuk manusia yang taat kepada Allah.Hasil penelitian yaitu: Ada keterkaitan pendidikan karakter Imam Al- Ghazali dalam kitab Bidayah Hidayah, jika dihubungkan dengan konteks. pendidikan karakter di Indonesia, dapat dikatakan bahwa keduanya memiliki relevansi atau hubungan keterkaitan yaitu: Pendidikan karakter tersebut cukup komprehensif, yakni meliputi hubungan dalam konteks bermasyarakat, diri sendiri dan hubungan dengan Allah Swt
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:55 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |