Sari, Annisa Setyo (2024) Analisis penggunaaan aplikasi e-money gopay terhadap minat beli mahasiswa FSE UIT Lirboyo Kediri pengguna gopay. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.. .pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya globalisasi, terdapat kebutuhan yang semakin besar bagi konsumen khususnya mahasiswa untuk menjadi lebih tertarik pada hal-hal tertentu. Kemajuan ini membuat penggunaan uang elektronik menjadi lebih efisien, aman, cepat, dan nyaman. Bank Indonesia (BI) melaporkan, nilai transaksi uang elektronik sebesar Rp178,37 triliun pada Februari 2024. Jumlah itu turun 0,11% dibandingkan pada bulan sebelumnya (month-to-month/mtm) yang sebesar Rp178,57 triliun. Sebagai suatu upaya perwujudan tujuan dari gerakan nasional non-tunai Indonesia adalah dengan mendukung dan mengembangkan uang elektronik sebagai instrumen pembayaran non-tunai. Salah satu instrumen pembayaran non-tunai yaitu E-Money Go-Pay. Hal menunjukkan bahwa banyak faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi penggunaan mobile payment e-money Gopay. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana analisis penggunaan aplikasi e-money Gopay terhadap minat beli konsumen? (2) Bagaimana dampak pembayaran menggunakan e-money Gopay bagi mahasiswa FSE UIT Lirboyo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif field research atau penelitian lapangan. Ada pun teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: 1) pelaku usaha, 2) pengguna aplikasi Gopay 3) konsumen (mahasiswa FSE UIT Lirboyo Kediri). Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi pada akhirnya, pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah tringulasi sumber. Hasil penelitian yaitu (1) Bahwa faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen khususnya mahasiswa menggunakan e-money Gopay adalah karena faktor kemudahan, dan lingkungan dalam bertransaksi serta layanan yang disediakan banyak memenuhi kebutuhan pengguna dalam kehidupan sehari-hari seperti pembelian token listrik, pulsa handphone atau pembayaran yang lainnya. (2) Ada dampak pembayaran menggunakan e-money Gopay itu berasal dari masuknya teknologi , dan banyak orang yang sudah memanfaatkan produk fintech yakni uang elektronik tanpa disadari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Divisions: | Fakultas Syariah > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:43 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |