PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

Saidah, Halim (2024) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover dkk.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Lampiran skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: adversity quotient, motivasi belajar Adversity quotient harus dimiliki oleh setiap pelajar yang membantu setiap individu untuk memperkuat kemampuan dan ketekunan dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari dengan tetap berpegang teguh pada prinsip dan impian tanpa mempedulikan apa yang sedang terjadi untuk memahami dan meningkatkan semua segi kesuksesan. Keyakinan seseorang akan potensi yang dimilikinya dalam mengerjakan tugas atau tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan adversity quotient merupakan salah satu faktor terbentuknya motivasi belajar seseorang yang kemudian bisa juga dialami oleh siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Dari uraian di atas maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana tingkat adversity quotient pada siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? 2) bagaimana tingkat motivasi belajar pada siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? 3) apakah pengaruh adversity quotient terhadap motivasi belajar pada siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun pembahasannya bersifat teoritik dan empiris disertai dengan memberikan analisis regresi linear sederhana. Dengan jumlah sampel 153 siswa, dan pelaksanaan penelitian ini di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Versi 26. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa: (1) tingkat Adversity quotient siswa mayoritas berada pada tingkat sangat tinggi yaitu 93,5%, sedangkan untuk sebagian lain memiliki tingkat tinggi 3,10%, rendah 2,62% dan sangat rendah 0%. (2) tingkat motivasi belajar siswa berada pada tingkat sangat tinggi, yakni 91,6% dari responden yang ditentukan. Sedangkan yang lain berada pada tingkat tinggi 7,19%, tingkat rendah 1,31%. (3) berdasarkan perhitungan menggunakan regresi linear sederhana yang kemudian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh adversity quotient terhadap motivasi belajar siswa MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dengan tingkat kontribusi sebesar 32,5% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 20 May 2025 05:09
Last Modified: 20 May 2025 05:09
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item