Rosita, Aningsih (2024) Konsep Pendidikan Karakter Religius Perspektif Syaikh Badr Al-Din Dalam Kitab Tadzkiroh Sami’ Wa Al-Mutakallim Dan Relevansinya Terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
Cover Fiks.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstract
Pendidikan karakter religius bertujuan membentuk individu yang berakhlak mulia, memiliki kesadaran spiritual yang kuat, serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ini menitikberatkan pada pengenalan dan pemahaman ajaran agama, serta penerapannya dalam perilaku nyata. Pendidikan karakter idealnya dimulai sejak dini, karena merupakan proses sistematis dan berkelanjutan yang mencakup berbagai aspek, seperti pengetahuan, emosi, kasih sayang, dan tindakan. Oleh karena itu, dibutuhkan latihan yang konsisten agar nilai-nilai tersebut menjadi kebiasaan dalam kehidupan. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Bagaimana konsep pendidikan karakter religius dalam perspektif Syaikh Badr Al-Din dalam kitab Tadzkiroh al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim? Bagaimana metodologi pendidikan karakter religius menurut Syaikh Badr Al-Din dalam kitab tersebut?Bagaimana relevansi pemikiran Syaikh Badr Al-Din terhadap lembaga pendidikan Islam masa kini?Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menjadikan kitab Tadzkiroh al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim karya Syaikh Badr Al-Din sebagai sumber utama dalam mengkaji konsep pendidikan karakter religius.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Konsep Pendidikan Karakter ReligiusMenurut Syaikh Badr Al-Din, karakter religius mencakup sikap dan perilaku yang mencerminkan keimanan yang kuat, ketaatan terhadap ajaran agama, serta keikhlasan dalam beribadah kepada Allah Swt. Metodologi Pendidikan Karakter Religius Metodologi pembentukan karakter religius dalam perspektif Syaikh Badr Al-Din diwujudkan melalui penerapan adab dalam berbagai aspek, yaitu:a. Adab kepada Allah Swt.b. Adab kepada buku atau bahan ajar.c. Adab kepada teman sejawat.d. Adab ketika berada di lingkungan asrama. Relevansi dengan Lembaga Pendidikan Islam Pemikiran Syaikh Badr Al-Din memiliki relevansi yang tinggi dengan konsep pendidikan Islam saat ini. Beberapa poin relevan yang ditemukan adalah:a. Konsep guru atau ulama sebagai pendidik utama.b. Konsep peserta didik sebagai subjek aktif dalam pembelajaran.c. Konsep kurikulum atau materi pelajaran yang mendukung penguatan nilai-nilai religius.d. Konsep lingkungan pendidikan yang kondusif, yang mampu mendorong kreativitas, menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:59 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:59 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |